SMPN 2 Baubau Bakal Terapkan Ekstrakulikuler Baca Tulis Alquran

image_pdfimage_print

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – SMPN 2 Baubau bakal membuat program Baca Tulis Alquran. Program ini akan dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler sekolah.

Kepala SMPN 2 Baubau, Mahmud SPd saat dikonfirmasi diruangan kerjanya, Selasa (04/09), mengatakan, SMPN 2 Baubau sejak dulu telah mewajibkan seluruh siswanya untuk melaksanakan Tadarus Quran pada saat sebelum dimulainya proses belajar mengajar (PBM) di kelas.

“Kita wajibkan siswa untuk mengaji 10 menit, pada saat awal masuk belajar dan dilaksanakan setiap hari,” jelasnya.

Dikatakannya, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada saat kegiatan tadarus berlangsung, sedikitnya pihak sekolah menemukan ada beberapa siswa yang belum mengetahui ejaan tanda baca Alquran, terlebih lagi untuk menulisnya.

Untuk itu, pihaknya bakal membuat program Ekstrakulikuler baru yaitu program pembiaan baca tulis Alquran. Diperuntukan kepada siswa yang belum mengenal huruf, baca dan tulis Quran. Kegiatan dilangsungkan sebanyak dua kali dalam satu minggu.

“Ada siswa yang belum bisa membaca dan menulis Alquran. Jadi kami himbau mereka untuk belajar dirumah, serta kami akan programkan pembinaan baca tulis Alquran kepada siswa,” ungkapnya.

Lanjut Mahmud, program tersebut akan diterapkan dalam waktu dekat karena memiliki manfaat yang positif. Salah satunya dapat mengantisipasi kecenderungan siswa untuk melakukan berbagai hal yang bersifat buruk.

“Kita anjurkan mereka untuk membawa Alquran dari rumah, sehingga kecenderungan siswa untuk berbuat hal yang tidak semestinya, bisa menurun,” tutupnya. (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This