Bupati Butur dan Rektor UHO Tandatangani MoU Pengembangan Pertanian Organik

image_pdfimage_print

Peliput: Darson

BURANGA,BP -Dalam upaya mengembangkan produksi pertanian, peternakan, perikanaan dan terkhusus program pertanian padi organik, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) terus meningkatkan kerjasama dengan Universitas Halu Oleo (UHO). Peningkatan kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandoum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Bupati Butur Abu Hasan dan Rektor UHO Muhammad Zamrun serta Dekan Fakultas Pertanian Muhammad Taufaila.

Penandatanganan MoU dilakukan, disela-sela agenda wisuda program doktor ke-16, magister ke-46, profesi dokter ke-14, sarjana ke-79 dan pendidikan vokasi ke-78, di Auditorium Mokodompit Universitas Halu Oleo, Selasa (30/10).

Bupati Butur Abu Hasan mengaku MOU antara Pemda Butur dan UHO telah lama menjadi target. Bahkan orang nomor satu di Butur itu berharap keejasama ini dapat segera ditindak lanjuti

“Saya berharap kerja sama ini dapat ditindak lanjuti dengan rencana aksi, baik Universitas Halu Oleo maupun fakultas pertanian. Moga kerjasama ini diridhoi oleh Allah SWT” katanya.

Dihadapan ribuan wisudawan Bupati memaparkan potensi-potensi sumber daya alam yang ada di Butur, menurutnya, selain pertanian organik. Butur juga kaya akan hasil budidaya laut dan tangkap, selain itu Butur juga saat ini tengah dikembangkan produksi peternakan.

Bukan hanya itu, Butur juga tengah menggerakan program desa melalui usaha Bumdes dan koperasi yang akan menjadi basis ekonomi permanen di Desa

“Kedepan MoU ini, bukan hanya Fakultas Pertanian. Tapi saya juga butuh kerja sama dengan Fakultas Peternakan, karena di Butur telah dikembangkan produksi peternakan,” ujarnya.

Abu Hasan mengungkapkan, pihaknya juga butuh kerjasama dengan Fakultas Perikanan, karena perairan Butur memiliki banyak potensi yang tersimpan untuk pengembangan perikanan dan budidaya. “Saya juga butuh kerjasam dengan fakultas ekonomi, itu untuk membantu dalam pengembangan Bumdes dan koperas,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UHO, Muhammad Zamrun menerangkan, dengan dilaksanakannya perjanjian kerja sama ini diharapkan akan segera ditindaklanjuti dengan diterapkannya hasil inovasi dan teknologi dari UHO untuk kemajuan program pertanian organik Butur.

“UHO berkomitmen untuk keberhasilan program pertanian organik Butur. Namun bukan hanya Butur. Akan tetapi, semua kabupaten di Sultra UHO siap membantu,” ucapnya.

Pada penandatanganan MoU itu Abu Hasan didampingi Wakil Bupati Butur, Ramadio, Kepala Bappeda Butur Harmin Hari, Asisten II Budianti Kadidaa, Ketua TP PKK Butur Sitti Rabia Abu Hasan (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This