Pabrik Es Bakal Tingkatkan Kualitas Ikan Nelayan Busel

image_pdfimage_print

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Hadirnya pabrik es balok di Buton Selatan bakal menjawab keluhan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat nelayan Busel.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Busel, Amril Tamim mengatakan pabrik es balok yang tidak lama lagi kelar yang dibangun di Desa Katilombu, Kecamatan Sampolawa bakal meningkatkan kualitas ikan tangkapan nelayan Busel.

“Kalau bangunannya didanai APBD Busel tahun 2018, sementara mesin es baloknya merupakan bantuan Kementerian Perindustrian berkapasitas 10 ton atau 400 balok perhari,” ucap Amril Tamim beberapa waktu lalu.

Katanya, dalam waktu dekat diakhir tahun 2018 ini jika tidak ada
halangan, diupayakan sudah beroperasi untuk melayani kebutuhan es
balok nelayan

“satu balok es tidak begitu berat hanya 25 kilogram dan dianggap sudah standar,” katanya

Menurutnya pembangunan pabrik es balok, merupakan salah satu fokus Pemkab Busel kepada kepada masyarakat nelayan, yang sebelumnya besusah payah mengambil es balok di Kota Baubau yang jaraknya cukup jauh.

“kita berharap dengan adanya produksi es balok di Buton Selatan, mutu ikan nelayan Buton Selatan semakin baik. Nelayan pergi bawa es sehingga pulang membawa ikan yang kualitasnya tetap terjaga saat terjual,” tuturnya

Kata dia, perairan Buton Selatan diketahui memiliki potensi ikan yang cukup besar dan sejalan dengan kebutuhan es balok. Hasil tangkapan nelayan Buton Selatan merupakan salah satu penyumbang ikan terbesar di Kota Baubau.

Kedepan, karena potensi sumber perikanan dan kelautan Busel yang cukup besar akan berpengaruh kepada kecukupan produksi es balok yang hanya memproduksi 10 ton perhari.

“Kita coba dulu jika hasil pabrik es balok 10 ton perhari, jika tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nelayan maka kita akan usulkan lagi untuk ada penambahan mesin es,” tukasnya (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This