Dua Anak di Buton Terjangkit Rubella

image_pdfimage_print

Peliput : Alyakin

PASARWAJO, BP – Dua anak di Kabupaten Buton positif terjangkit virus Rubella. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton belum memastikan kedua anak tersebut telah mendapatkan Imunasi Measles Rubella (MR).

Kedua anak tersebut yakni bayi berusia lima bulan Sidiq Hendrawan dari Desa Mega bahari, Kecamatan Lasalimu Selatan dan anak umur 6 tahun yang identitasnya disembunyikan berasal dari Kelurahan Kambula-mbuluna Kecamatan Pasarwajo.

“Saya belum bisa jawab itu, saya mau jawab sudah, tapi ternyata belum, saya mau jawab belum tapi ternyata sudah, bagus nanti saya berikan suatu informasi yang pasti,” kata Kepala Dinas Kesehatan, H Sumardin ketika dikonfirmasi Baubau Post diruang kerjanya pekan lalu.

Begitu pula dengan asal penularan virus Rubella yang menyerang kedua anak tersebut pihak dinas kesehatan belum mengetahuinya, Akan tetapi, Dari hasil penelusuran pihak Kesehatan memastikan bahwa bayi yang berusia lima bulan, Sidiq hendrawan dirserang Virus Rubella sejak ia masih dalam kandungan ibunya sementara anak yang berumur 6,7 tahun masih dalam pengumpulan data.

“Data-datanya belum lengkap, pada saat dihamilkan, sementara pada saat dihamilkan itu, dia dapat dimana itu virus kita tidak tau,dapat dimana itu virus, apakah dibaubau apakah di pasarwwajo, apakah dilasalimu selatan, itu yangg menjadi pertanyaan,” Katanya

Memperbaiki pertumbuhan Bayi dan Anak yang terkena Virus Rubella, Kata dia Mereka masih mendapatkan perawatan oleh tenaga medis di Puskesmas, terkhusus pada Sidiq Hendarawan mestinya dilarikan di Rumas Sakit di Kota Makasar karena di Kota Baubau dan Buton belum lengkap peralatannya.

“Keculai dari lasalimu selatan dirujuk kemakasar karena di Buton dan Baubau belum lengkap alatnya, mereka terkendala masalah pembiayaan, Perwatannya saat ini dipuskesmas secara rutin, perbaiki pertumbuhan perkembangan, mempunyai daya tubuh yang kuat yang cukup dari pada perkembangan selanjutnya,” Tutup

Selain itu, Untuk meringankan beban keluargnya karena ekonomi lemah, kedua Anak yang terkena virus Rubella Pemerintah Daerah (Pemdah) Buton membatunya dengan menjadikannya peserta Badan Penyelenggera Jaminan Sosial (BPJS)

“Pemerintah, Sudah diusakanhan menjadi peserta BPJS, hanya biaya yang memang tidak tercamtun disitu, keluarga pas-pas ekonomi lemah,” Tutup

X

Pin It on Pinterest

X
Share This