Daya Listrik Defisit, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

image_pdfimage_print

 M Yusron Affandi: Ada Pemeliharaan PLTU Baruta

Pengerjaan jaringan Baru oleh PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Baubau Kota

Peliput : Prasetio M Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Belakangan ini lampu disejumlah titik di Kota Baubau padam, itu disebabkan beberapa hal salah satunya oleh daya listrik Kota Baubau mengalami defisit jelang beban puncak pasca adanya pemeliharaan unit di PLTU Baruta.

Hal itu diungkapkan oleh Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Baubau Kota M Yusron Affandi saat ditemui Baubau Post diruangannya, Senin (05/11).

” Pemadaman itu ada dua macam kalau yang memasuki beban puncak ini dikarenakan, kondisi kelistrikan di Kota Baubau ini lagi ada defisit, jadi kita ada defisit daya, hal ini dikarenakan adanya pemeliharaan unit di PLTU Baruta,” kata M Yusron.

Dikatakan, memasuki beban puncak ada beberapa daerah tertentu yang dijadwalkan oleh pihaknya untuk dilakukan pemadaman bergilir jelang memasuki waktu beban puncak. Sesuai jadwal pemadaman bergilir tersebut akan berlangsung hingga akhir November tahun 2018.

Jika ia rata-ratakan pemakaian beban puncak masyarakat disianghari berkisar 19 Megawhatt, sementara kemampuan pembangkit listrik Kota Baubau berkisar di 23 Megawhatt, sehingga PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Baubau Kota mengalami kelebihan 4 Megawhatt. Sementara beban puncak dimalam hari berkisar diangka 25-27 Megawhatt, dan pihaknya mengalami kekurangan 1-3 Megawhatt.

Sementara untuk pemadaman di waktu pagi hingga sore hari di wilayah Bure, Bungi, Liabuku dan Kalialia disebabkan pembangunan jaringan baru untuk evakuasui daya di PLTMG Kalialia.

” Diharapkan bulan depan PLTMG tersebut sudah mulai uji coba operasi, kemudian jaringan baru inilah yang diupayakan untuk menjadi penghubung, yang nantinya aliran listriknya dapat dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya.

Pemadaman tersebut akan berlangsung pada hari Senin sampai kamis ditambah hari Sabtu, dan pekerjaan tersebut diupayakan akan selesai pada akhir november 2018. ” Kita upayakan semaksimal mungkin, sehingga diakhir November nanti pekerjaan tersebut selesai, begitu PLTMG siap operasi, dari sisi distribusi kita itu sudah siap,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi pembangkit PLTMG mampu menyediakan pasokan listrik hingga 30 Megawhatt, sehingga dengan beroperasinya pembangkit tersebut dan tersedianya jaringan distribusi listrik, maka kekurangan pasokan listrik Kota Baubau dapat teratasi.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggang Kota Baubau atas pemadaman yang terjadi di Kota Baubau atas pemeliharaan unit di PLTU Baruta dan pengerjaan jaringan untuk PLTMG di Kalialia.

X

Pin It on Pinterest

X
Share This