Jambu Mete di Busel Perlu Dikembangkan

image_pdfimage_print

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Produk jambu mete asal Buton Selatan (Busel) perlu dikembangkan. Potensi dibidang pertanian ini masih belum digarap serius sehingga menjadi olahan yang memiliki nilai jual tinggi dipasaran, baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Busel Amril Tamim mengatakan kualitas jambu mete Busel tidak kalah dengan daerah lain. Kacang metenya cukup besar dan gurih. Nilai jualnya cukup tinggi setelah diolah sebagai produk makanan siap konsumsi.

Dari catatan dibeberapa desa pengahasil jambu mete di Busel, kata Amril, hasil jambu mete Busel bisa mencapai 100 ton pertahun. Hanya saja, hasil panen petani tidak diolah menjadi produk jadi namun petani menjual dalam bentuk gelondongan sehingga nilai jualnya masih cukup rendah.

“Kalau sudah dikacip, digoreng dan dikemas dengan label yang bagus, tentu harga bisa naik enam kali lipat,” ucap Amril Tamim saat ditemui di ruangannya belum lama ini.

Menurut, Amril mete sebagai produk unggulan Busel harus dikelola di Busel diberi label sebelum dijual dipasar dalam produk jadi.

“Ini memang kewajiban dan tanggung jawab pemerintah, kedepan kita fasilitasi kemasannya, termasuknya pasarnya,” ucapnya

Saat ini upaya pemerintah daerah baru sebatas menyediakan rumah kreatif yang bekerjasama dengan BNI, sebagai wadah bertanya dan solusi, baik permodalan maupun hal lain bagi masyarakat atau pengusaha home industri sehingga produk olahannya dapat dikemas dengan baik dan memberi jalan untuk dipasarkan.

“Memang sebagian masyarakat sudah membuat produk menjadi barang siap konsumsi, tetapi tidak banyak. Mereka kemas dengan bungkus plastik polos, infomasi jambu mete distiker dengan logo toko masing-masing,” ucapnya

Kedepan produk mete akan diseragamamkan dengan label Busel, bahkan diberi KTP. Dikemas dengan baik, diupayakan mendapat perizinan dari LokaPOM, sehingga dapat masuk pasar swalayan.

“Kita akan fasiltasi, namun ini bertahap. Jadi masyarakat kita bantu dulu alat kacip,” tukasnya (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This