Pemkab Buton Serahkan 114 Unit Pengendali Hama Ke Petani

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP- Sebanyak 114 unit lampu penerangan dan Solar Cell sebagai pembasmi hama disalurkan kepada kelompok tani yang tersebar ditujuh kecamatan di Kabupaten Buton. Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Buton, Drs La Bakry di aula Kecamatan Pasarwajo Senin (05/11)

Pada kesempatan itu, Bupati Buton Drs La Bakri Msi, beraharap petani dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah, agar hasil pertanian meningkat.

“Semoga ini membantu kita, kemudian tanaman bebas dari gangguan hama,” kata La Bakry

Bantuan yang diberikan merupakan uji coba. Jika bantuan yang diberikan berhasil, maka pemerintah daerah akan menambah lagi alat pembahasmi hama.

“Jangan sampai tidak berfungsi karena ide ini datangnya dari masyarkat, kalau berfungsi dan membantu tahun depan kita kasih banyak lagi,” ujarnya.

La Bakry meminta agar bantuan yang diberikan harus digunakan sesuai fungsinya. Masyarakat yang mendapatkan bantuan haruslah petani benar-benar yang menanam.

Karena alat uji coba, Bupati juga berharap agar petani melaporkan kendala dan kekurangan dalam masa penggunaan lampu penerangan dan Solar Cell.

Sementara itu, Kadis Pertanian Dewangga, mengatakan pengadaan alat lampu penerangan dan Solar Cell sebagai pembasmi hama merupakan program Bupati Buton. Tujuannya untuk membasmi hama agar hasil pertanian meningkat.

Dijelaskan, pengendalian hama pada tanaman lebih efektif menggunakan lampu penerangan. Karena jika mengunakan obat pembasmi hama, di samping berbahaya juga anggarannya besar mencapai Rp 500 juta.

“Pengendalian hama yang efektif menggunakan sinar surya. Kami harap agar alat ini dapat dimanfaatkan secara baik, dipelihara dan dikontrol,” pintanya. (*)