Ridwan Bae Harapkan Kemenpan-RB Evaluasi Soal CPNSD

image_pdfimage_print

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Anggota DPR RI Ridwan Bae angkat bicara setelah mendapat informasi para peserta CPNS banyak yang gugur karena sulitnya soal yang dikerjakan. Untuk itu ia berharap agar Kemenpan-RB untuk mengevaluasi soal yang ada dan tinggginya ketentuan passing grade.

Mantan Bupati Muna dua periode ini secara kebetulan pulang di tanah kelahirannya dan melakukan kunjungan di tempat pelaksanaan tes di SMAN 1 Raha, Selasa (6/11). Ia kaget mendapat informasi terkait pelaksanaan CPNS yang dilaksanakan di hari kedua Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan jumlah peserta yang ikut 420 hanya 1 peserta yang dinyatakan memenuhi passing grade.

“Memasuki sesi keempat, Kabupaten Muna yang lulus passing grade hanya satu peserta. Melihat kondisi ini Kemenpan-RB harus mengevaluasi kembali soal-soal CPNSD dan waktu yang diberikan terlalu pendek,” ungkap Ridwan.

Kata dia, peserta CPNS dari berbagai perguruan tinggi tentu lulus dengan angka yang baik, namun karena sulitnya soal yang diberikan sehingga tidak mampu meluluskan diri mencadi CPNS. Ia menilai Kemenpan-RB tidak mampu membac sejauh manan kemapuan para lulusan perguruan tinggi dalam menyelesaikan soal.

“peserta yang baru selesai mengikuti tes, kesulitan dalam menyelesaikan soal dan waktu yang pendek. Kemenpan-RB hanya memberi waktu 53 detik per satu soal sementara membaca saja sudah membutuhkan waktu berapa detik,” katanya
“Ketika berada di Jakarta saya akan bertemu Kemenpan-RB akan menyampaikan persoalan ini, bahkan kalau perlu mendatangi langsung untuk bicara persoalan ini,” tambahnya.

Ia menyebutkan persoalan ini sama halnya dengan yang dialami di Papua maupun daerah Seram. Kedua daerah itu juga mengeluhkan soal yang diberikan terlalu sulit dan waktu yang diberikan sangat sedikit. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This