Rusunawa ASN Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini

Telan Anggaran Rp 16 Miliar

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP– Pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) berlokasi di kawasan BTN Palagimata Kota Baubau diperkirakan rampung akhir tahun ini. Anggarannya mencapai Rp 16 miliar yang bersumber dari APBN.

“Kontraknya itu akhir November ini selesai. Pokoknya kita upayakan akhir tahun ini selesai,” tegas Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Baubau Sumartoyo, Selasa (06/11).

Bangunan empat lantai bertipe 2×6 memiliki sejumlah sebanyak kamar 50 unit. Bakal dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur, lemari, meja, dan lainnya.

“Jadi penghuni tinggal masuk saja, fasilitasnay sudah lengkap,” katanya.

Terkait pengelolanya, DPRKP Kota Baubau bakal membentuk Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) tahun depan. Rusun tersebut hanya boleh dihuni ASN.

“Untuk saat ini kan semua rusun masih pakai pengelola sementara. Jadi tahun depan kita akan bentuk UPTD setara eselon IV untuk pengelolanya,” tuturnya.

Sumartoyo menjabarkan di awal tahun nanti pihaknya akan melakukan pembenahan fasilitas gedung. Mulai dari penyambungan listrik, air, hingga parkiran.

“Rencananya awal tahun nanti kita pembenahan fasilitas. Jadi diperkirakan pada pertengahan tahun depan sudah rampung semuanya, tinggal dihuni,” tandasnya. (*)