STNK Mati Dua Tahun Kendaraan Dinyatakan Bodong

Kanit Regident: Akan Segera Disosialisasikan

Peliput: Ady Cacung – Editor: Fardin JS

BAUBAU, BP – Samsat Kota Baubau akan segera mensosialisasikan peraturan baru mengenai matinya STNK dua tahun maka kendaraan akan dinyatakan sebagai kendaraan bodong.

Kanit Regident Samsat Baubau Ipda Rio Pratama Hidayat ST r K saat ditemui Baubau Post diruang kerjanya, Selasa(06/11), mengatakan aturan baru mengenai STNK mati dua tahun maka kendaraan akan dinyatakan bodong tertuang dakam Perkab No 5 tahun 2012 mengenai registrasi dan indentitas kendaraan dan disebutkan dipasal 110 ayat 1 huruf b. Dinyatakan bahwa nomor kendaraan yang diregistrasi dapat dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Selain itu kata dia, aturan itu belum diberlakukan di Kota Baubau karena kebijakan pemerintah daerah.

“Sebenarnya perkabnya dari tahun 2012 sudah dibuat tapi belum dilaksanakan. Karena itu kembali ke kebijakan dari masing-masing wilayah,” katanya.

Kedepan pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat agar dapat dipersiapkan dari sekarang. Untuk itu masyarakat agar lebih patuh untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu.
“Masyarakat agar mewanti-wanti dari sekarang untuk mulai mengurus masalah perpanjangan STNKnya jangan sampai mati dua tahun dan tiba tiba berkas STNK dan BPKBnya hangus semua. Karena sampai sekarang untuk kita, bila sudah hangus maka tidak bisa lagi diurus kembali atau dengan kata lain kendaraan itu jadi bodong,” jelasnya.

Hingga saat ini aturan yang dikeluarkan masih seperti itu dan bila surat-surat kendaraan hangus tidak dapat lagi diurus. Namun kata dia, tidak menutup kemungkinan akan ada kebijakan tertentu yang akan dikeluarkan mengenai pengurusan surat-surat kendaraan yang hangus. (#)