Belum Ada Anggaran, DPMD Muna Bolehkan Desa Kerjakan Kegiatan Fisik

image_pdfimage_print

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna memperbolehkan desa untuk mengerjakan kegiatan fisik walaupun anggaran Dana Desa (DD) tahap tiga belum cair.

Kepala Bidang (Kabid) Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna, Budiman Sawal, menjelaskan proses pencairan DD tahun 2018 tahap ketiga mengalami keterlambatan.Keterlambatan itu disebabkan beberapa desa tidak dicantumkan volume output dan capaian output, sehingga memberitahukan kepala desa untuk melengkapi laporan realisasi penggunaan tahap satu dan dua.

“Kebanyakan desa hanya dicantumkan laporan realisasi penggunaan uangnya. Hal ini menjadi penyebab keterbatasan pencarian tahap tiga dengan jumlah anggaran DD keseluruhan tahap tiga berkisar 40 Milyar,” katanya.

Budiman memastikan proses pencarian anggaran Dana Desa (DD) tahap ketiga pada akhir bulan november. Saat ini pihaknya masih melakukan penginputan laporan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap satu dan kedua. Dari laporan kepala Desa ada yang kurang dan tidak dicantumkan volume output dan dan capaian output.

Ia menyampaikan, dalam pelaporan saat ini mengunakan aplikasi sama halnya dengan laporan penggunaan anggaran DAK, sehingga kembali meminta desa untuk melengkapi laporan pertanggungan jawaban.

Sementara itu, ia memperkirakan dengan waktu satu bulan pengerjaan tahap ketiga tidak akan menyebrang tahun. Sebab sebagian desa telah mengerjakan pekerjaan tahap ketiga walaupun anggarannya belum ada.

“Banyak desa telah mengerjakan pekerjaan tahap ketiga walaupun anggarannya belum cair. Entah bagaimana mereka mengerjakan, walaupun mereka mengutang dulu bahannya, itu tidak masalah,”tandasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This