Tiga Puskesmas di Busel Menunggu Hasil Penilaian Akreditasi

image_pdfimage_print

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP– Sedikitnya ada tiga Puskemas di Buton Selatan akan diakreditasi tahun 2018 ini, yakni Puskesmas Siompu Barat, Siompu dan Kadatua. Hasilnya tinggal menunggu hasil penilaian pertimbangan Kementerian Kesehatan.

Plt Dinas Kesehatan La Ode Budiman, mengatakan tahun 2017 ada dua puskemas yang telah mendapat akreditasi yakni Puskesmas Batauga berstatus madya dan Puskemas Sampolawa kategori dasar. Sementara tahun ini ada tiga puskesmas yang akan ditargetkan untuk diakreditasi.

“Puskesmas Siompu Barat, Siompu dan Kadatua, ketiganya sudah dilakukan
akreditasi, saat ini tinggal menunggu penilaian dari tim apakah masuk kategori dasar atau madya, dan rencananya diumumkan serentak se-Sultra,” ucap La Ode Budiman saat ditemui di ruanganya, Senin (3/12)

Kata dia, akreditasi Puskemas ini ada tiga tahapan penilaian yakni penilaian dokumen administrasi, upaya pelayanan perorangan, upaya pelayanan masyarakat (UKP dan UKM).

“Kalau untuk dilihat dari bangunan Puskesmas, ketiga Puskemas tersebut telah sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan nomor 75, artinya semua ruangan-ruangan itu sudah sesuai dengan standar Permenkes,” ucapnya.

Sementara dari sisi pelayanan sumber daya manusianya, pihak Dinkes terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal. Dalam satu tahun terakhir Buton Selatan terbantu dalam sisi pelayanan dengan hadirnya program Nusantara Sehat dari Kemenkes.

Pada gelombang pertama hadir tenaga medis sebanyak 17 orang yang terdiri dari dokter, perawat, tenaga gizi dan bidan, pada ke gelombang kedua ada sembilan orang tenaga medis dan gemlombang ketiga ada 24 orang

“Tenaga media dari program Nusantara Sehat menjadi salah satu kekuatan atas keterbatasan tenaga medis di Busel, dan ini sangat membantu untuk memaksimalkan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya

Kata dia, ditahun 2019 mendatang masih ada tiga puskesmas lagi yang akan diakreditasi yakni puskemas Batuatas, Lapandewa dan Gerak Makmur. Sementara Puskesmas Bahari masih dalam proses pengurusan untuk mendapatkan rekomendasi sehingga ditahun-tahun berikutnya mendapat akreditasi seperti puskemas lainnya.

“Sementara dalam proses pengurusan, kita upayakan sehingga Puskesmas Bahari juga akan mendapat pengakuan akreditasi,” katanya.

Ia menambahakan, dengan hadirnya Puskesmas dibeberapa wilayah di Busel akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal.

“Karena itu dari tahun ke tahun kualitas pelayanan ini menjadi target
capaian yang diharapkan dapat maksimal,” tukasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This