Pemda Buteng Gelar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok

image_pdfimage_print

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP– Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) menggelar sosialisasi kawasan tanpa rokok yang diikuti oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di aula kantor Bupati, Selasa (04/12).
Kegiatan ini dibuka oleh Kabag Hukum Setda Buteng Akhmad Sabir SH mewakili Bupati.

Akhmad Sabir SH dikionfirmasi usai kegiatan, mengungkapkan sosialisasi tersebut diadakan sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Buteng Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok. Penekanan dari Perbup ini, setiap orang wajib tidak merokok di tempat atau area yang telah dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok, kecuali di tempat khusus yang telah disediakan untuk merokok.

“Perbup Buton Tengah Nomor 21 Tahun 2017 tentang kawasan tanpa rokok ini merupakan bentuk pelaksanaan dari ketentuan Pasal 52 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012, tentang pengamanan bahaya yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penetapan kawasan tanpa rokok mempunyai beberapa tujuan diantaranya, memberikan perlindungan dari bahaya asap rokok bagi perokok aktif dan atau perokok pasif, memberikan ruang atau lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, melindungi kesehatan masyarakat secara umum dari dampak buruk merokok baik langsung maupun tidak langsung, menciptakan lingkungan yang bersih sehat dan bebas dari asap rokok, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta untuk mencegah perokok pemula.

Akhmad Sabir juga menyebutkan, area yang tidak diperbolehkan untuk merokok nantinya terdapat stiker yang bertuliskan kawasan tanpa rokok. Dalam ketentuan Bab IV Pasal 7 Perbup tersebut juga disebutkan, kawasan tanpa rokok meliputi area Kantor Pemkab Buteng, kantor pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, tempat kerja, tempat umum, serta di tempat angkutan umum.

“Bisa merokok tapi nanti kalau sudah jam istirahat, kemudian nanti akan disediakan area khusus untuk tempat merokok disaat jam istirahat, atau kalau mau merokok sebaiknya di luar pagar kantor agar tidak mengganggu orang lain yang tidak merokok,” pungkasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This