Bawaslu Kota Baubau Ikut Bimtek di MK

image_pdfimage_print

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau, ikuti Bimbingan Teknis(Bimtek) di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu materi Bimtek terkait, hukum acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH saat dihubungi Baubau Post via telepon seluler, beberapa waktu lalu.

” Materi pelatihan antara lain, hukum acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), mekanisme tahapan dan kegiatan penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan umum, Teknik penyusunan keterangan Bawaslu dalam perkara PHPU, Praktek penyusunan keterangan Bawaslu dalam perkara PHPU, dan lain-lain,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan yang di ikuti pihaknya tersebut bertujuan agar, keseragaman pemahaman Bawaslu seluruh indonesia tentang hukum acara PHPU di MK nantinya. Kegiatan Bimtek di ikuti koordiv Hukum Bawaslu Prov dan Bawaslu Kab/Kota di Indonesia.

” Iya, agar ada keseragaman pemahaman Bawaslu seluruh indonesia tentang hukum acara PHPU di MK,” ujar Frida.

Ia menilai, pelaksanaan tahapa Pemilu 2019 di Kota Baubau berjalan Kondusif. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya laporan pelanggaran dari masyarakat, dan saat ini baru sebatas tiga temuan pelanggaran.

” Kodusif. Tidak ada laporan, temuan juga baru tiga sampai hari ini,” ungkapnya singkat.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 3 hingga 6 Desember 2018, di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi MKRI di Jl. Raya Puncak, Cisarua, Bogor. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This