Jadi Sekolah Sehat, SMPN 2 Baubau Imbau Siswa Berprilaku Sehat

image_pdfimage_print

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP- SMPN 2 Baubau raih juara dua sekolah sehat tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pihaknya Himbau siswanya beprilaku sehat.

Kepala SMPN 2 Baubau Machmud SPd saat dikonfirmasi Baubau Post, Rabu (05/12) mengatakan beberapa bulan lalu sekolahnya berhasil memperoleh peringkat dua sebagai sekolah sehat tingkat Sultra. Untuk peringkat satu di raih oleh SMPN 5 Kendari

Dikatakannya, ada beberapa item yang menjadi indikator peniaian sekolah sehat, di
antaranya kantin sekolah, WC, UKS, Musolah, Fhingga fasilitass Cuci tangan, dan kebersihan Sekolah. Kondisi WC yang tidak sesuai dengan jumlah siswanya, menjadi nilai kurang untuk standar pelayanan minimal sekolah sehat.

“Kami tidak berhasil mendapatkan juara satu, karena kondisi WC belum memenuhi standar pelayanan minimal berdasarkan jumlah siswa yang ada,” kata Macmud.

Selain WC sekolah, kantin, dan Musolah sekolah juga perhatian untuk dibenahi lebih lanjut oleh pihaknya , agar memenuhi standar sekolah sehat dan dapat diperlombakan kedepan hingga tingkat nasional.

Melaui pencaapaian tersebut juga, pihak sekolah mengimbau siswanya dan menana tanamkan kebiasaan pola hidup sehat dilingkungan sekolah. Salah satunya dengan memaksimalkan tempat cuci tangan siswa, pengadaan tong sampah didalam dan diluar kelas, agar siswanya tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Kami akan memberi masukan pada siswa agar berprilaku sehat dilingkungan sekolah, antara lain dengan memaksimalkan penggunaan cuci tanganm, dan tong sampah didalam kelas-diluar kelas agar siswa tidak suka membuang sampah dilantai atau dilaci meja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jika anggota dewan guru disekolahnya juga sangat mendukung kegiatan yang dicanangkan pihaknya, untuk mengajarkan siswa agar terbiasa menjaga kebersihan baik di sekolah maupun di rumah.

“Guru kami mempunyai kemamuan untuk berbuat sehingga bisa mengajarkan anak-anak untuk terbiasa menjaga kebersihan,” tutupnya (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This