Tingkatkan Kunjungan Wisata, Masyarakat Busel Diminta Bentuk Pokdarwis

image_pdfimage_print

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP– Sebagai daerah dengan potensi pariwisata yang cukup besar, masyarakat diminta untuk kreatif dalam mengeksplor potensi wisata sesuai dengan keunikan di wilayahnya masing-masing. Jika tereksplor dengan baik, akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kabid Pengendalian Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Busel Yulkhaidir Mili, menuturkan potensi wisata di Buton Selatan cukup banyak dan satu persatu akan dibenahi agar menghasilkan PAD. Karena tidak dipungkiri bahwa salah satu pemasukan negara paling besar bersumber dari sektor pariwisata.

Untuk memaksimalkan potensi itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel tidak bekerja sendiri, namun peran serta keikutsertaan seluruh elemen masyarakat Busel sangat dibutuhkan.

“Harus ada partisipasi seluruh elemen masyarakat, dengan membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis), sehingga potensi masing-masing wilayah di Busel akan dieksplor oleh warga setempat, salah tujuannya Pokdawis menciptakan suasana pendesaan yang kondusif sehingga kunjungan wisata meningkat,” ungkapnya.

Dijelaskan, Pokdarwis merupakan lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab. Kelompok ini bergerak secara swadaya, artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya.

“Pelaku pariwisata di desa juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki, karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang dimiliki,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Pokdarwis juga berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa serta mewujudkan Sapta Pesona. Karena menurutnya, objek wisata akan terus berkembang jika pengunjung merasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah, maka suasana-suasana seperti itu hanya bisa diciptakan oleh masyarakat setempat.

“Potensi wisata di Busel ini cukup banyak, mulai dari wisata maritim, kuliner, margasatwa, sejarah, goa, ekositem, budaya, bawah laut serta adat dan istiadat masyarakat yang masih memegang teguh adat lama hingga saat ini,” pungkasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This