Awasi Bersama Pemilu 2019, Bawaslu Baubau Gelar Pengawasan Partisipatif

image_pdfimage_print

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bersama masyarakat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau gelar pengawasan Pemilu Partisipatif kepada seluruh stakeholder di Kota Baubau.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga M Yusran Elfargani SE mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau bersama Bawaslu ikut mengawasi jalannya Pemilu 2019.

“Karena pengawasan Pemilu ini kita bisa berhasil jika kita bersama-sama dengan rakyat. Jadi tagline kami di Bawaslu itu ” Bersama Rakyat Kita Awasi Pemilu,” kata M Yusran saat ditemui media, Kamis(06/12).

Dikatakan, berdasarkan undang-undang, masyarakat menjadi garda terdepan untuk bersama-sama mengawasi jalannya tahapan Pemilu, sehingga hal tersebut menjadi dasar untuk merangkul masyarakat dalam kegiatan pengawasan pemilu partisipatif di Kota Baubau. Selain itu, terbatasnya personil di lapangan juga menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Sementara Pemilu 2019, Bawaslu Baubau akan mengawasi 16 Partai Politik, mengawasi tiga daerah pemilhan, mengawasi 108 ribu wajib pilih, mengawasi Alat Peraga Kampanye (APK) yang tersebar di Kota Baubau.
“Kami pengawas Pemilu yang aktif mulai dari kota, kecamatan hingga kelurahan hanya kurang lebih 70 orang saja, bagaimana mungkin kami efektif melakukan pengawasan dengan jumlah 70 orang,” ungkapnya.

Pada kegaiatan tersebut, pihaknya terlebih dahulu memberikan pengetahuan kepada mastarakat, hal-hal yang melanggaran tahapan Pemilu. Selanjutnya jika masyarakat telah menemukan indikasi pelanggaran, pihaknya mengimbau agar segera dilaporkan kepada pengawas Pemilu.

“Tidak hanya pengawasan saat kampanye, tetapi juga dipersoalan DPT. Kami mengajak masyarakat untuk mari DPT kita awasi bersama-sama, cek nama kawan-kawan di sana, kalau tidak ada namanya laporkan, atau kalau yang masih ada namanya dalam DPT, tetapi orangnya sudah meninggal, sampaikan kalau orang ini sudah meninggal dunia,” jelasnya.

Ia berharap, melalui pengawasan partisipatif masyarakat, Pemilu 2019 dapat berjalan, tertib, lancar, dan berkualitas. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This