BPBD Baubau Sosialisasikan Cegah Kebakaran Hutan

image_pdfimage_print

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Melestarikan hutan dari ancaman kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menggelar sosialisasi di salah satu hotel di Kota Baubau, kamis (06/11).

Sosialisasi yang dihadiri instansi terkait, mahasiswa, dan organisasi pecinta alam itu, dibuka resmi Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Dalam sambutannya, La Ode Ahmad Monianse mengatakan sosialisasi tersebut sangat tepat, mengingat ancaman kebakaran hutan terus mengintai.

Terlebih di Indonesia sudah seringkali terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap hingga ke negara tetangga.

“Kegiatan ini sangat baik dan tepat sekali, mengingat kebakaran hutan ini bukan lagi isu nasional tapi telah menjadi isu daerah,” katanya.

Meski hutan Kota Baubau tidak selebat di Pulau Kalimantan dan Sumatera, Monianse menegaskan untuk terus memelihara kawasan hutan.

Minimal, di Kota Baubau juga harus memiliki kontribusi dalam memelihara dan melestarikan kawasan hutan.

Kepala BPBD Kota Baubau melalui sekretarisnya Ruslan RZ, menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi tersebut, diantaranya untuk memberi pemahaman pada masyarakat terkait perlindungan hutan.

“Tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk melindungi dan melestarikan hutan dari kebakaran, serta memberikan pemahaman perundang-undangan tentang kehutanan,” jelasnya.

Ruslan mengajak peserta untuk ikut aktif mengajak masyarakat umum melestarikan kawasan hutan. “Saya mengajak seluruh stakeholder untuk ikut aktif melestarikan kawasan hutan kita,” tandasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This