Akhmad Sabir: ASN Wajib Gunakan Hak Pilih Namun Tetap Jaga Netralitas

image_pdfimage_print

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Tengah Akhmad Sabir SH mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib menggunakan hak pilihnya dalam menyukseskan perhelatan pesta demokrasi 2019 mendatang.

Meskipun demikian Akhmad Sabir juga mengingatkan bahwa dukungan terhadap kesuksesan pesta demokrasi yang dilakukan oleh ASN harus tetap berada dalam bingkai netralitas. Juga tidak berafiliasi dengan Partai Politik (Parpol), Calon Legislatif (Caleg), maupun salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pemilu serentak 2019 mendatang.

“Dalam menghadapi Pemilu 2019 nanti, kita sebagai ASN juga wajib menciptakan suasana yang kondusif, dan harus menggunakan hak pilih, tidak boleh golput,” ungkapnya saat ditemui oleh Baubau Post di ruang kerjanya pada Senin, (17/12).

Merujuk pada Pasal 9 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Untuk itu kata Akhmad Sabir, ASN harus tetap bersikap dan bekerja secara profesional, tanpa melibatkan diri dalam kegiatan yang dilakukan oleh kelompok partai politik maupun calon.

“Pemilu 2019 harus tetap kita sukseskan, dan itu merupakan tanggung jawab kita bersama untuk keberlangsungan pemerintahan di daerah dan keberlangsungan pemerintahan di Desa kalau di ajang Pilkades, tapi ingat, kita harus tetap netral,” pungkasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This