Warga Buteng Pemegang KTP-el Buton Dihimbau Ganti

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Syamsuddin menghimbau, seluruh warga Buteng pemegang KTP-el yang tertulis Kabupaten Buton harus segera diganti ke kantor Disdukcapil.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton Tengah, bila terdapat warga yang KTP nya masih tertulis Kabupaten Buton maka segera diganti ke Dinas Capil dengan syarat menyetor KTP lama, kalau dia tidak menyetor KTP lama maka kita tidak akan layani, karena berpotensi disalahgunakan,” ungkapnya kepada Baubau Post saat dikonfirmasi usai pemusnahan KTP-el, Kamis (20/12)

Syamsuddin menjelaskan pula, saat ini telah berlangsung tiga kali pemusnahan KTP-el dengan cara dibakar.

“Sampai dengan hari ini, sudah tiga kali kita adakan pemusnahan KTP, yang pertama sekitar 300-an keping, yang kemudian dua hari yang lalu, sekitar 8.000-an dan yang sekarang sekitar 1.200-an,” jelasnya.

Kadis Dukcapil juga memaparkan, proses pemusnahan KTP-el bermula dari kasus tercecernya ribuan KTP-el yang sempat viral di media sosial baru-baru ini.

“Kasus tercecernya KTP-el beberapa kali terakhir itu menimbulkan kehebohan di skala nasional dan viral dimana-mana sehingga pemerintah disalahkan terus, dari peristiwa itu Mendagri mengambil kebijakan agar KTP-el yang sudah invalid atau pergantian status dan pergantian nomenklatur itu segera dimusnahkan,” paparnya.

Dikatakannya pula, proses pemusnahan KTP-el sebagai tindak lanjut surat perintah dari Mendagri guna meminimalisir potensi penyalahgunaan KTP-el di Indonesia.

“Kita musnahkan KTP-el ini juga bertujuan agar tidak disalahgunakan, apalagi sekarang menjelang tahun politik, walaupun tidak akan bisa disalahgunakan lagi tapi digoreng sedemikian rupa sehingga itu menimbulkan semacam keresahan secara nasional,” kata Syamsuddin.

Kadis Dukcapil ini juga menyebutkan, sejak tahun 2016 KTP sementara mulai tidak berlaku, pemerintah mewajibkan setiap warga negara Indonesia harus memiliki KTP-el.

“Dari tahun 2016 sebenarnya sudah tidak berlaku KTP sementara, yang berlaku sekarang adalah KTP-el,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest