Mantan Kades Rejosari Diamankan Polisi

image_pdfimage_print

Editor:Fardin JS

PASARWAJO, BP – Diduga melakukan tindakan korupsi dana desa (DD) tahun 2016 lalu,Aparat Kepolisian Polres Buton mengamankan mantan Kepala Desa (Kades) Rejosari, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton Afaruddin (68).

Kasat Resktrim Polres Buton, Iptu Najamudin SH, mengatakan pada 18 Desember lalu, pihaknya mengamankan tersangka Afrudin di Kabupaten Konawe Selatan. Sebelumnya tersangka telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang(DPO) Polres Buton, pasalnya saat dilaksanakan penyelidikan serta akan dilakukan klarifikasi tersangka meninggalkan daerah ke Konawe Selatan untuk berkebun.
“Kami telah gelar perkara di Polda untuk menetapkan sebagai tersangka pada 17 Desember dan disepakati dengan dua alat bukti,” katanya.
Setelah dilakukan penangkapan Kata Najamudin, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan dilakukan penahanan agar yang bersangkutan tidak meninggalkan tempat untuk menghilangkan barang bukti. Ia diamankan pihak kepolisian atas dugaan kasus tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran dalam pekerjaan dan pengelolaan dana desa 2016 lalu.

“Dari hasil audit BPKP pada kasus tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 297 juta,” jelasnya.
Tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU RI tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman 15 hingga 20 tahun pidana penjara.(*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This