Bupati Butur Serahkan Alsintan ke 37 Kelompok Tani

image_pdfimage_print

Editor: Fardin JS

BURANGA, BP – Bupati Buton Utara menyerahkan 171 alat dan mesin pertanian (Alsintan) ke 37 kelompok tani se Kabupaten Buton Utara, Rabu (26/12).

Alat pertanian itu dipinjam pakaikan kepada kelompok tani untuk menunjang hasil pertanian di Kabupaten Butur. Kelompok tani yang menerima bantuan Alsitan merupakan perwakilan dari 79 desa/kelurahan dari enam kecamatan yang ada di Butur.

Alat dan mesin yang dipinjam pakaikan yakni traktor roda empat enam unit, traktor roda dua 25 unit, Cultivator 25 unit, Cron Planter manual 55 unit, Hand Sprayer 45 unit, mesin perontok padi 6 unit, Cron Sheller 3 unit, Combine Harvester (alat panen padi) 3 unit dan alat panen jagung 3 unit.

Kabid PSP Dinas Pertanian Butur, La Ode Sabarudin mengatakan untuk memenuhi swasembada pangan dan modernisasi pertanian di Kabupaten Buton Utara maka tentunya harus didukung dengan alat mesin pertanian.

“Tentunya ini program kita semua dan tanggung jawab kita bersama untuk mendukung program pertanian. Dinas Pertanian memprogramkan bantuan kepada kelompok tani yang dikelola dengan sistem Brigade, “ujarnya.

Tujuan penyerahan Alsintan tersebut untuk membantu para petani atau kelompok tani se Kabupaten Buton Utara dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian dengan hasil lebih baik.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan, mengatakan Dinas Pertanian Butur merupakan dinas yang diharapkan bisa mendorong sektor pertanian menjadi sektor unggulan daerah. Dengan adanya bantuan ini, ia berharap masyarakat Buton Utara dapat mencapai kesejahteraan dan dapat menambah nilai pendapatan terutama bagi masyarakat pedesaan.
Ia juga menjelaskan, bantuan tersebut merupakan pemberian dari pemerintah pusat melalui menteri pertanian yang beberapa waktu lalu berkunjung di Kabupaten Buton Utara untuk melihat secara langsung potensi pertanian.

“Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, beliau turung langsung ke daerah-daerah termasuk di Buton Utara dan pak Menteri memberikan apresiasi terhadap luas lahan pertanian yang ada di Buton Utara, “ungkapnya.

Abu Hasan berharap bantuan itu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, bisa bergulir dan tidak bisa dimonopoli oleh orang-orang tertentu. “Saya minta dinas pertanian mengawasi secara langsung, karena ini saya pertanggungjawabkan kepada Menteri Pertanian, “tandasnya.

X

Pin It on Pinterest

X
Share This