Potensi Sedekah PNS Baubau Capai Rp 4 Miliar per Tahun

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyebut, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Baubau mencapai 3 ribu orang. Potensi sedekah penghasilan bagi PNS mencapai Rp 4 miliar per tahunnya.

Hal ini diungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra Dr Abdul Kadir MPd. Menurutnya, jumlah sedekah penghasilan ini sangat potensial jika dikelola dengan baik.

“Jika PNS Kota Baubau seperti yang disebutkan Wakil Walikota Baubau sekitar 3 ribu orang, kalau setiap bulan saja kita pungut Rp 25 ribu itu kita sudah bisa mengumpul dana lebih daru Rp 1 Miliar lebih setiap tahun. Tapi kalau dipungut Rp 100 ribu, lebih dari Rp 4 miliar per tahunnya,” urainya.

Namun hal ini belum belum dilakukan oleh pemerintah daerah. Jika pengumpulan sedekah penghasilan PNS diefektifkan, maka dapat membantu kaum dhuafa di Kota Baubau.

“Kalau secara efektif sedekah dapat dikelola dengan baik itu menunjukkan tingkat kesadaran pengembangan ajaran agama kita semakin baik, serta komitmen sosial dalam menyebarkan surga kepada kaum dhuafa itu semakin nyata,” katanya.

Hal senada dikatakan Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pengelolaan sedekah yang baik akan memberikan bantuan berarti bagi yang membutuhkan. Telebih dengan jumlah PNS Kota Baubau yang mencapai 3 ribu orang.

“Termasuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan lainnya yang punya tanggung jawab sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Sekretaris Baznas Baubau Muhadi, perlu ada aturan daerah terkait pengumpulan sedekah PNS Kota Baubau. “Kalau belum ada perdanya, maka kami imbau agar dikeluarkan edaran sehubungan dengan pengumpulan sedekah untuk PNS,” ujarnya. (**)

Pin It on Pinterest