Gaji Kepala Desa di Butur Naik 50 Persen

Peliput: Zukman – Editor: Fardin JS

BURANGA, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) akan menaikan gaji seluruh kepala desa sebesar 50 persen pada tahun 2019 mendatang. Kenaikan gaji kepada desa itu akan terus dilakukan hingga beberapa tahun ke depan.

“Iya saya akan menaikan gaji Kepala Desa tahun 2019, tahun berikutnya lagi saya akan naikkan lagi dan Insya Allah akan naik terus,”ungkap Bupati Butur Abu Hasan saat dikonfirmasi media ini, Sabtu(28/12).

Tahun ini kata Abu Hasan, penyaluran pagu anggaran dana desa dan alokasi dana desa tidak seperti tahun sebelumnya. Tahun ia langsung menyerahkan anggaran ke pihak kecamatan untuk meningkatkan para kepala desa dalam mengelola sumber daya manusia di desa.

“Para kepala desa agar memanfaatkan satu rupiah dana desa dan alokasi dana desa dalam pengelolaan, peningkatan pendapatan kesejahteraan, pengembangan sumber daya manusia di desa,”katanya.

Pemerintah daerah saat ini memiliki tiga fokus yakni meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan peningkatan sumber daya manusia di desa. Untuk itu mulai tahun 2019 kelurahan akan dianggarkan Rp 350 juta dan kemungkinan akan bertambah lagi pada tahun berikutnya.

Tidak hanya itu, pihak kecamatan juga dipercaya akan mengelola anggaran sebesar Rp 1 miliar. Hal itu bertujuan untuk memperkuat basis pembangunan infrakstruktur di desa, kelurahan dan kecamatan.

“Untuk itu tidak boleh ada alasan lagi para kepala desa, lurah dan camat wajah wilayahnya tidak berubah. Saya berharap perubahan di wilayah masing-masing desa, kelurahan dan kecamatan harus ada,”tandasnya.(#)

Pin It on Pinterest