WANGI-WANGI,BP – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Wakatobi mengakui adanya penurunan jumlah kunjungan wisata di tahun 2019. Persentase penurunannya mencapai 10 persen dari tahun sebelumnya.

Saat dikonfirmasi Baubau Post, Rabu (29/01), Kepala Dispar Wakatobi Nadar mengungkapkan, penurunan jumlah kunjungan wisata tersebut dipengaruhi adanya kenaikan harga tiket pesawat, bagasi prabayar, serta jadwal penerbangan hanya satu kali dalam sehari sejak tahun 2019 hingga kini.

“Yang jelas angka wisata pada tahun 2019 mengalami sedikit penurunan. Kalau sebelumnya, trend-nya meningkat. Kalau persentasenya 5 hingga 10 persen. Ini dampak secara nasional, sehingga ini memukul industri parawisata kita dan bukan hanya di Wakatobi,” ungkapnya.

Mengantisipasi adanya gejolak penurunan yang lebih signifikan, pihaknya tengah mengupayakan pengembangan marketing dan peningkatan kualitas pelayanan dengan membenahi infrastruktur hingga pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang wisata.

” Pelatihan dari tahun 2019 lalu dan tahun 2020 ini, terutama pemandu wisata dan diving pelatihan snorkeling, pemandu wisata budaya, homestay, kuliner, kemudian juga pemandu ekowisata, tahun 2020 ini ada 10 paket lagi,” ulasnya.

Dijelaskan, hingga kini pihaknya terus menggenjot pengembangan wisata melalui sisi marketing dengan bekerja sama dengan platfom traveloka, serta menggaet para investor agar bersinergi dan melakukan pengembangan wisata secara bersama-sama.

” Sehingga kemarin kami adakan temu investasi dengan pihak Garuda pihak asita dan lain sebagainya. Untuk menimbulkan keyakinan kepada pihak terkait untuk bisa bersama-sama bersinergi untuk pengembangan pariwisata di Wakatobi,,” jelasnya.

Dengan adanya hal tersebut, pihaknya optimis bakal terjadi peningkatan jumlah pengunjung wisata ke Wakatobi pada tahun 2020, terlebih kini pihaknya intens melakukan komunikasi dengan Balai Taman Nasional Wakatobi.

” Insya Allah kita akan dorong pengembangannya untuk kunjungan wisata kapal pesiar atau Pinisi. Sudah ada beberapa operator yang melakukan komunikasi akan masuk ke Wakatobi ini juga akan menjadi potensi kunjungan wisata,” tangkasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest