Tahun Ini Distan Busel Bakal Tingkatkan SDM

Peliput : Amirul

BATAUGA, BP– Fokus Dinas Pertanian (Distan) Buton Selatan (Busel) di tahun 2019 tertuju pada pengembangan dan peningkatan peran sumber daya manusia khususnya para pelaku di sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Busel La Haruna mengatakan peningkatan SDM diharapkan mampu meningkatkan peranannya dalam arti luas yakni sektor pertanian dalam berbagai lini termasuk di dalamnya usaha-usaha pertanian, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat
membawa dampak pembangunan ekonomi pertanian.

“Kita tidak mampu mengesampingkannya, SDM yang baik mampu menjunjung tinggi segala macam aspek di dalam pembangunan pertanian, sehingga pembangunan pertanian mampu untuk meningkatkan kegiatannya dalam mendukung perekonomian masyarakat pertanian itu sendiri,” ucapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Untuk itu, di tahun 2019 pihaknya fokus pada program pengembangan dan peningkatan SDM, khususnya diadakan pelatihan-pelatihan, seminar kepada pelaku pertanian.

“Hal ini kita lakukan agar para pelaku itu dapat memahami tujuan diberikannya bantuan-bantuan peralatan dan lainnya, begitu juga penyuluh akan lebih intens lagi dalam mendampingi pelaku pertanian di lapangan,” katanya.

Ditambahkannya, apabila pelaku pertanian telah memahami program dan bantuan yang diberikan maka dengan sendirinya program-program tersebut dapat berjalan sesuai dengan diharapkan. Dan tidak dipungkiri banyak bantuan yang serahkan kepada masyarakat pelaku pertanian yang sebelumnya tidak diperkuat dengan peningkatan SDM, bantuan tersebut tampak tidak berjalan dengan baik.

“Memang perlu adanya penguatan kapasitas SDM pelaku pertanian dengan baik, ini juga akan berdampak dan sejalan pada laju perekonomian petani ke depan,” tukasnya (*)

Pin It on Pinterest