15 Operator X-Ray Pelabuhan Murhum Lolos Sertifikasi

Sertifikat operator mesin X-Ray pelabuhan murhum Baubau

Laporan: Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP-Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas 1 Baubau sebagai salah satu Pilot Project pelayanan kepelabuhanan terus melakukan pembenahan. Termasuk penggunaan x-ray (Sinar ekeltromagnetik) yang telah dilakukan uji coba dalam satu bulan terakhir.

Untuk mendukung tenaga profesional dalam pengoperasian mesin X-Ray pihak KUPP pelabuhan Murhum Baubau mengutus 15 orang pegawai untuk mengikuti sertifikasi. Hasilnya, semua lolos dan dinyatakan siap untuk mengoperasikan mesin tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha KUPP Baubau, Andrev Kartin Edward kepada Baubau Post ditemui di ruang kerjanya bebarapa waktu lalu.

Dikatakan, sebagai pilot project pelayanan kepelabuhanan keberadaan mesin x-rey dan outo gate (gerbang otomatis) sangt penting untuk menunjang pelayanan dan kenyamanan penumpang. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan 15 orang tenaga profesional dalam pengoperasian mesin x-ray.

“Alhamdulillah 15 tenaga operator yang disiapkan sudah memiliki sertifikasi,” katanya didampingi Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban Kantor UPP Baubau, Harlan April Yanto.

Lebih lanjut dikatakan, 15 operator tersebut diutus di cam training Surabaya yang dilakukan secara bertahap selama tiga kali masing masing setiap tahap sebanyak lima orang.

“Jadi ini bentuk keseriusan kita masyarakat ditangani tenaga profesional. Apalagi, status pelabuhan kita menjadi salah satu percontohan,”ungkapnya.

Pantauan Baubau Post uji coba pelanggunaan mesin x-ray dan auto gate dalam beberapa minggu terakhir berjalan dengan baik. Bahkan, dalam uji coba tersebut sudah mendapatkan hasil dimana pihak KUPP pelabuhan berhasil menyita ratusan botol miras tradisional yang dibawa salah satu penumpang. (***)