Tujuh ASN di Butur Dipecat Tidak Hormat

Peliput: Zukman – Editor: Fardin JS

BURANGA, BP – Tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buton Utara (Butur) dipecat secara tidak hormat karena terbukti malakukan korupsi. Pemecatan dilakukan di halaman Kantor Bupati Butur saat dilaksanakannya apel pagi, Senin 31 Desember 2018 lalu.

Ketua lembaga pusat advokasi hukum dan Ham Sultra Darmawan Wiridin SH MH, saat dikonfirmasi media ini via selulernya, sangat mengapresiasi langkah Bupati Butur Abu Hasan terkait pemecatan tidak hormat kepada tujuh ASN yang korup di wilayah Buton Utara.

“Tujuh orang aparatur sipil negara itu atau eks narapidana kasus korupsi itu diberhentikan secara tidak hormat sudah tepat,”katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah harus melaksanakan pemecatan sebelum menyeberang tahun 2019. Dengan demikian akan disusul dengan surat keputusan bersama yang disepakati menteri dalam negeri, menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dan kepala badan kepegawaian nasional.

Abu Hasan serius dalam menangani masalah seperti ini, karena itu sebuah produk hukum yang dilaksanakan oleh bupati selaku pimpinan wilayah di kabupaten. Kata dia, korupsi merupakan musuh bersama dan tindakan yang dilakukan Bupati juga sebagai pembelajaran bagi ASN lainnya.

“Pelanggar-pelanggar etika ASN juga diberikan sanksi tegas dan tidak boleh diberikan jabatan seperti yang terlibat perbuatan asusila, narkoba dan pelanggaran lainnya. (#).

Pin It on Pinterest