Dinas Perikanan Butur Serahkan Bantuan Kepada Nelayan

Peliput: Zukman – Editor: Fardin JS

BURANGA,BP – Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara (Butur) menyerahkan bantuan sara dan prasaran nelayan tangkap dan nelayan budidaya. Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Bupati Butur Abu Hasan di halaman kantor Perikanan Butur, Kamis(03/01).

Alat bantuan yang diserahkan itu terdiri dari mesin katinting 9 PK 38 unit, kapal ikan di bawah 3 GT 44 paket, motor 3 roda 2 unit, Sero 10 unit, jaring 100 spit, tali rumput laut 659 kg, bibit rumput dan laut 40 ton. Selain itu ada juga bantuan lainnya berupa kolam ikan air tawar 2 unit, pembesaran kepiting 1 unit dan keramba tancap 1 unit.

Bupati Butur Abu Hasan berharap agar bantuan yang diberikan kepada nelayan dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan, tidak diperbolehkan untuk dipindah tangankan kepada orang lain. Jika ada yangg menjual alat bantuan tersebut akan di proses secara hukum sesuai ketentuan yang berlaku, karena semua bantuan tersebut dianggarkan oleh pemerintah dan DPR melalui dana APBD dan APBN.

“Bantuan itu kalau tidak disetujui DPR tentu tidak akan jadi. Karena itu pertanggung jawabannya bukan cuman dipemerintah saja tapi juga di wakil rakyat,” katanya.

Kata dia, pemberian bantuan itu tidak ada unsur politik, bantuan itu murni untuk masyarakat dan pemberiannya harus tepat sasaran dan tepat biaya. Ia juga mengimbau kepada nelayan yang belum mendapatkan bantuan agar tidak kecewa dan marah, tahun depan pemerintah akan berupaya untuk mengadakan pemberian bantuan lagi kepada para nelayan.

“Saya minta Dinas Perikanan agar yang sudah mendapat bantuan di data dan jangan berulang-ulang kali dapat bantuan. Hal ini tidak boleh terjadi dan berikan kepada masyarakat yg betul-betul butuh sesuai bidang dan profesinya, serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,”tandasnya. (#)

Pin It on Pinterest