KPU Baubau akan Menggunakan Kotak Suara Karton Kedap Air

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Penggunaan kotak suara berbahan aluminium dipastikan tidak akan lagi digunakan pada Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau akan mengganti kotak suara berbahan aluminium dengan mengunakan kotak suara berbahan karton yang kedap air.

Ketua Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan kotak suara Pemilu 2019 akan berbeda, pihaknya akan menggunakan kotak suara berbahan karton yang kedap air.

” Itu (kotak suara-red) sebenarnya memang berbeda, ini menggukan bahan karton yang dupleks namanya dan kedap air, kalau kemarin kan yang aluminium,” kata Edi Sabara.

Dikatakan, dalam Undang-Undang No 07 tahun 2017 ada frasa yang mengatakan kotak suara harus transparan, sehingga penggunaan kotak suara berbahan aluminium sudah tidak memenuhi syarat untuk digunakan, selain itu KPU RI diberi kewenangan oleh UU untuk membuat dan mendesain kotak suara, sehingga KPU menentukanlah kotak suara berbahan karton.

” Oleh undang-undang KPU juga diberi kewenangan untuk membuat dan mendesain kotak suara sehingga ditentukanlah, kotak suara berbahan karton yang satu sisinya transparan, jadi saat di masukan itu dapat dilihat,” ungkapnya.

Untuk sosialisasi terkait kotak suara, di Perkpu no 15 tahun 2018 tentang norma standar logistik Pemilu, dan saat pihak ya melakukan sosialisasi juga memberikan tambahan ingormasi terkait penggunaan surat suara berbentuk karton. Dan pihaknya merencanakan akan merakit kotak suara tersebut di bulan febuari 2019.

” Saat ini kan itu kotak suara masih dalam bentuk lembaran, di bulan dua kami rencana mau rakit supaya berbentuk kotak, karena rencana di bulan dua itu akan masuk juga surat suara,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest