Napi Anak Lapas Baubau Hanya Diberi Pembinaan Rohani

image_pdfimage_print

Peliput: Ady Cacung

BAUBAU, BP – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa memberikan pembinaan rohani bagi narapidana anak di bawah umur. Sedikitnya terdapat 20 napi anak yang menjadi binaan Lapas Baubau.

Pihaknya belum menyediakan ruang untuk melanjutkan pendidikan dan hanya sebatas pembinaan rohani.

“Kami melakukan pembinaan rohani kepada mereka dengan mengundang ustadz untuk mengajar mengaji perkelompok seminggu 3 kali,” kata Kalapas Baubau Wahyu Prasetyo Bc IP SSos melalui Kasubsi registrasi
Fredy ditemui beberapa hari lalu.

Dikatakan, seharusnya Lapas Baubau tidak bisa ditempatkan napi anak, karena kapasitas ruang kamar yang tidak memadai, ditambah lagi jumlah napi dewasa yang over kapasitas. Ruang kamar napi anak harus dipisahkan dari napi dewasa.

Lanjutnya, aktifitas untuk napi anak diberikan kamar khusus untuk memisahkan dengan aktivitas napi dewasa. Hal ini untuk mengantisipasi pergaulan yang mereka terima secara langsung dari napi dewasa saat membaur bersama di dalam satu kamar sel.

“Kami sengaja pisahkan agar tidak tertular pergaulannya bersama orang dewasa, olehnya itu kita jauhkan mereka dari orang dewasa,” ungkapnya.

Sehingga, napi anak memang dipindahkan ke Lapas Anak Kendari untuk dibina sesuai aturan dan disekolahkan. Sementara di Lapas Baubau, terkecuali ada permohonan dari keluarga napi untuk dapat menyekolahkan anaknya, dengan pertimbangan tertentu sebelum mengizinkan keinginan orang tuanya tersebut.

“Selama proses pembelajaran berlangsung dia selalu dijaga petugas Lapas, setelah pulang sekolah dia masuk lagi kembali ke dalam Lapas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dari ke 20 orang napi anak ini belum ada pihak orang tua yang mengajukan untuk menyekolahkan anaknya. (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This