Pekan Depan Bawaslu Buton Bakal Tertibkan APK

Laporan: Hasrin Ilmi

PASARWAJO,BP-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton pekan depan akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Termasuk semua benda dalam bentuk lain yang tidak memenuhi unsur kampanye.

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Buton Maman kepada Baubau Post via telepon selulernya jumat (04/01).

Dikatakan, penertiban APK atau bahan kampanye serta alat peraga atau semua benda dalam bentuk lain yang tidak memenuhi unsur kampanye yang dibuat dan dipasang peserta pemilu akan ditertibkan. Pasalnya, banyak APK dan alat kampanye terpasang tidak sesuai pada tempatnya.

“Sesuai jadwal kita mulai tanggal 7 Januari,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan, yang menjadi sasaran penertiban Bawaslu melakukan penindakan berdasarkan pada lokasi, estetika lingkungan, izin pemasangan dan materi yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan.

Apalagi, sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi dan himbauan kepada peserta pemilu untuk menurunkan APK yang tidak sesuai aturan.

“Kita juga sudah pernah menghimbau dan sosialisasi kepada peserta pemilu,”katanya.

Selain APK kata Maman, pihaknya juga akan menertibkan stiker atau branding yang memuat citra diri, identitas, ciri-ciri khusus atau karateristik peserta pemilu yg terpasang pada kendaraan transportasi umum dan kendaraan milik pemerintah.

“Harapan kita pelaksanaan kampanye berjalan dengan baik dan penempatan APK sesuai dengan aturan sehingga semua peserta pemilu mendapat porsi yang sama dalam penempatan lokasi kampanye,”tutupnya. (***)

Pin It on Pinterest