Pelaut dan Nelayan Diimbau Ikuti Perkembangan Cuaca

Peliput: Zul

BAUBAU, BP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Baubau mengimbau agar para pelaut dan nelayan untuk selalu mengikuti perkembangan cuaca. Aktivitas pelayaran juga perlu berhati-hati dalam menjalankan pekerjaannya di laut.

Plt Kepala BMKG Kota Baubau Sakti Jono SE ditemui Jumat (04/01), mengungkapkan untuk tiga hari ke depan gelombang laut mencapai 2,0 meter.

“Biasanya terjadi di perairan Sula dekat Ambon dan perairan Tolo antara Banggai dan Kendari, kalau untuk wilayah Wakatobi 1,5 meter saja sudah tidak terlalu ekstrim seperti bulan lalu,” tambahnya

.Sementara itu, untuk kecepatan angin dari barat daya ke timur laut diperkirakan berkisar 2 hingga 5 knot.Sehingga untuk pelayar kapal-kapal kecil dan nelayan kapal tongkang perlu mengupdate rilisan dari BMKG.

“Biasanya kan kita informasikan melalui wilayah perairan jadi saran dari kami selalu update informasi dari BMKG jadi lihat-lihat ada perubauahan, kami selalu merilisnya,” pungkasnya.

Selain itu, berdasarkan hasil prakirawan cuaca tiga hari ke depan untuk perairan Sulawesi Tenggara dann sekitarnya khusunya di Kota Baubau berawan dan hujan ringan.

“Untuk intensitas hujan ringan sudah tidak seperti pada hari-hari sebelumnya yang disertai dengan angin. Hujan ringan untuk Kota Baubau secara topografi terjadi pada siang dan sore hari, biasanya juga terjadi pengumpulan awan konvektif pada malam hari,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest