Tahun Ini Landasan Pacu Bandara Betoambari Ditambah 250 Meter

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Memiliki bandara yang besar, kini bukan lagi sebatas angan-angan untuk Kota Baubau. Dikabarkan tahun 2019 ini, landasan pacu Bandara Betoambari bakal ditambah 250 meter ke arah barat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau melalui sekretarisnya M Yunus kepada Baubau Post kemarin di ruang kerjanya.

Dikatakan, dengan landasan pacu yang besar dan tebal, memungkinkan untuk pesawat berukuran besar beroperasi di Kota Baubau. Tentu, hal itu berdampak positif untuk perekonomian Kota Baubau ke depan.
Untuk itu, Pemkot Baubau berupaya untuk memperbanyak maskapai penerbangan di Bandara Betoambari Kota Baubau.

“Kalau sekiranya landasan pacu bandara kita sama dengan kendari, ada kemungkinannya pesawat berbadan lebar akan masuk beroperasi. Yang saya dengar, dari kementerian akan memperbaiki (landasan pacu-red) di tahun 2019 ini, 250 meter ke arah barat,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Baubau itu menjelaskan, saat ini yang beroperasi di Bandara Betoambari Kota Baubau baru dua maskapai. Sehingga wajar jika harga tiket ditinggikan pihak maskapai.

“Ini kan yang baru menjajaki ini Garuda dan Wings. Kalau banyak maskapai kan banyak juga saingan. Jadi harga tiket bisa di sesuaikan,” tundasnya.

Untuk diketahui saat ini panjang landasan pacu Bandara Betoambari sekitar 1800 meter yang hanya bisa didarati pesawat jenis ATR.(*)

Pin It on Pinterest