Tingkatkan Status RSUD Buton, Bappeda Siapkan Rp 200 Juta

Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Untuk meningkatkan status rumah sakit, Pemerintah Kabupaten Buton melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyiapkan anggaran Rp 200 Juta guna persiapan izin lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Izin lingkungan RSUD Buton yang direncanakan Bappeda untuk melengkapi syarat akreditasi, sehingga masyarakat bisa menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Insya Allah pelayanan BPJS bisa. Mudah-mudahan dengan anggaran yang ada meski belum maksimal, akreditasi bisa dilakukan,” jelas Kepala Bappeda Buton, Ahmat Mulia Ketika dikonfirmasi Baubau Post belum lama ini.

Meski Anggaran yang telah disiapkan pemerintah Kabupaten terbatas, namun pihaknya berharap untuk syarat izin lingkungan dapat di bantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buton.

“Alhamdulillah lingkungan hidup siap membantu, Kami siapkan anggaran dalam rangka diakreditasi,” terang Ahmad Mulia

Dijelaskan, akreditasi di RSUD Kabupaten Buton harus dilakukan, sebab izin lingkungannya merupakan salah satu syarat pada fasilitas kesehatan yang wajib dipenuhi sehingga dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

“Mulai Juni 2019 seluruh rumah sakit yang melayani BPJS kesehatan harus memiliki akreditasi,” jelasnya

Kata dia, sesuai hasil rapat terakhir dengan tim akreditasi, ada beberapa izin yang harus dipenuhi diantaranya izin lingkungan termasuk izin alat pembakaran hasil limbah rumah sakit. (*)

Pin It on Pinterest