Pemda Buteng Bantu Korban Puting Beliung di Wambuloli

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP  – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan guna meringankan beban yang dialami oleh empat Warga yang terkena musibah angin Puting Beliung di Desa Wambuloli, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim), Selasa (22/01).
Pemerintah Buton Tengah melalui Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Buton Tengah, Sahar Ibnu Isnain SPi MSi mengatakan, di tahun 2019 ini terdapat anggaran yang diperuntukkan sebagai solusi penanganan kasus bencana, terutama untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi-potensi timbulnya bencana, utamanya angin puting beliung.

“Himbauan kita, bagaimana masyarakat itu bisa waspada, kemudian bagi para nelayan untuk hati-hati dalam memperhatikan kondisi cuaca yang ada,” pungkasnya.

Salah satu korban Wa Ana , Selasa (22/01) menceritakan, jika sekitar pukul 16.00 Wita pada Senin kemarin (21/01), angin puting beliung langsung menyambar dan memporak-porandakan atap rumah warga di Desa Wambuloli, Kecamatan Mastim.

“Masih beruntung saya bisa selamat, karena saat ada angin puting beliung saya berada di teras luar rumah, kalau saya berada di dalam rumah saat datang angin puting beliung maka mungkin saya sudah meninggal,” ungkapnya.
Ditempat yang sama, Camat Mastim Simuddin SE MM mengungkapkan jika kemarin ia menerima informasi melalui telpon sekitar pukul 16.00 dari Kepala Desa Wambuloli yang memberitahukan terkait bencana angin puting beliung yang menghantam empat buah rumah.

“Kemarin saya lagi memimpin rapat para Kepala Desa dan pengurus PKK, setelah itu saya langsung melakukan peninjauan ke sini (Lokasi terjadinya bencana, red). Setelah melakukan peninjauan saya langsung berkoordinasi lewat telepon dengan pihak Dinas Sosial, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah saya langsung telepon Kadisnya, kemudian saya juga langsung telepon ajudan Bupati,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Wambuloli, Arfin saat dimintai tanggapannya, ia menuturkan bahwa taksiran kerugian materil pada peristiwa tersebut mencapai angka puluhan juta.

“Kalau kita perkirakan taksiran kerugian materil dalam musibah angin puting beliung tersebut, yaitu berkisar kurang lebih 25 Juta rupiah,” tuturnya.

Bantuan yang disalurkan kepada para korban puting beliung berupa total uang tunai jutaan rupiah, beras dan ditambah dengan satu paket lauk-pauk. (*)

Pin It on Pinterest