Lapak PKL di Kamali dan Kotamara Diterjang Gelombang

Peliput: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Cuaca buruk yang melanda perairan Kota Baubau saat ini cukup meresahkan sejumlah pedagang di Kamali dan Kotamara, pasalnya sejumlah lapak pedagang di lokasi tersebut disapu gelombang air laut.

Salah satu pedagang di Pantai Kamali Heni saat di temui Baubau Post, Rabu (23/01) mengaku resah dengan cuaca buruk yang melanda Kota Baubau. Pasalnya, gelombang tinggi yang terjadi berhasil menembus sampai ke pelataran Pantai Kamali tempanya berjualan. Bukan hanya lapaknya yang disapu ombak namun semua pedagang disepanjang Pantai Kamali juga terkena imbasnya.

“Ombaknya naik langsung ditempat jualan saya. Bahkan, semua pedagang yang ada dipinggir laut terkena semua,”katanya.

Akibat terjangan ombak tersebut terpaksa berhenti berjualan untuk sementara sambi menunggu redahnya ombak. Apalagi, disertai angin kencang bisa berbahaya jika bertahan untuk menjual.

“Kita istrahan dulu menjual sampai menunggu cuacanya bagus. Apalagi, pembeli juga pasti takut untuk datang,”kata Ibu Ida yang juga penjual di Pantai Kamali.

Kondisi yang sama juga menimpa pedagang di kawasan Kotamara, Rabu (23/01) sekitar pukul 16.50 wita gelombang dikawasan Kotamara langsung naik ke taman disepanjang pantai. Bahkan, kursi dan meja yang menjadi tempat duduk pengunjung setiap sorenya tidak luput dari terjangan gelombang.

“Besar sekali ombaknya, akibatnya semua meja dan kursi yang disiapkan pedagnag disapu semuanya dan berantakan,”kata Adi salah satu warga penghuni Rusunawa di Kotamara.

Pantauan Baubau Post, akibat cuaca buruk yang melanda Kota Baubau dalam beberapa hari terakhir juga menganggu aktifitas disejumlah jalan protokol karena banyak pohon besar yang tumbang. Selain itu, berdampak juga dengan aktifitas nelayan yang tidak melaut. (***)