Laporan Keuangan Buteng Bakal Diperiksa BPK, Semua Camat Diundang

image_pdfimage_print

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Laporan keuangan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bakal diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menyikapi perihal tersebut, Pemerintah daerah (Pemda) Buteng mengundang semua Camat melalui rapat bersama di aula kantor Bupati guna mendengarkan arahan maupun petunjuk dari BPK, Rabu (23/01).
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau menyinggung maksud dan tujuan menghadirkan seluruh Camat pada kegiatan tersebut. ia mengatakan untuk meminimalisir tingkat kesalahan dalam proses pelaporan keuangan di Buteng maka Pemda mengundang seluruh camat lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah.

“Harapan kita laporan keuangan tidak terdapat kesalahan, olehnya itu para pak camat, ibu camat harus mengikuti petunjuk dari BPK,” ujarnya.

Dikatakan, atas nama Pemda Buteng, ia juga menginginkan agar prestasi yang telah diraih dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan 2017 bisa dipertahankan kembali. “WTP itu perlu kinerja yang baik dalam menyusun laporan keuangan,” ucap La Ntau.

Dalam kesempatan itu Kepala BPK wilayah Sultra, Suprianto juga banyak memaparkan trik untuk mencapai kestabilan setiap pelaporan keuangan.

“Laporan keuangan akan stabil bila memperhatikan tiga hal, kita harus perhatikan tupoksi, kinerja, dan keuangan itu sendiri,” tuturnya.

Selain perihal tersebut, ia juga mengarahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Buteng untuk selalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh BPK, dalam proses pemeriksaan laporan keuangan.

“Kita juga akan periksa tiga hal seperti, pertama laporan keuangan, laporan kinerja, juga laporan tujuan lain,” imbuhnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, empat anggota BPK wilayah Sultra tersebut siap menetap di Buteng terhitung sejak 23 Januari hingga 15 Februari 2019. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This