Generasi Muda Buton Utara Harus Miliki Integritas Kuat Kedepannya

Peliput: Zukman

BAUBAU, BP- Mantan ketua Kesatuan Mahasiswa Indonesia (KMI) Buton Utara (Butur) 2007-2008, Mukmin menyatakan generasi muda Kabupaten Buton Utara (Butur) harus memiliki integritas yang kuat, agar Butur kedepannya bisa menjadi daerah yang maju dan berkembang diantara daerah lainya di Sualwesi Tenggara.

Mukmin SSos MSi

saat ditemui Baubau post, beberapa waktu lalu mengatakan, jika ia merasa ada sejumlah hal yang mulai perlahan-lahan hilang ditengah perkembangan daerah saat ini, salah satunya integritas generasi muda. Integritas merupakan suatu hal yang cukup penting , sebab tanpa integritas yang cukup, maka kualitas Sumber Daya manusia (SDM) tidak akan baik kedepannya.

Inti dari berkwalitasnya SDM yaitu adanya integritas yang cukup kuat disetiap individu manusia,” kata Mukmin.

Dikatakan, memiliki integritas yang kuat tidaklah mudah. menurutnya untuk memiliki integritas yang tinggi harus melalui tempaan dan renungan dari setiap yang dialami tiap orang. oleh sebab itu, sudah waktunya generasi muda Butur untuk melakukan pendalaman dan perenungan diri, agar dapat memperoleh hikmah petunjuk dari segala persoalan.

“Kita mesti memiliki kelebihan waktu untuk berpikir produktif serta memperkaya wawasan pengetahuan tentang kemanusian, perdaban, sehingga akan melahirkan pikiran yang solutif bagi daerah Butur,” ungkapnya.

Lanjut, Butur hari ini kata Mukmin, harus benar-benar diletakan pondasi sesuai dengan potensi alam yang dimiliki, seperti potensi pertanian dan perikanan. oleh sebab itu kebijakan dan program dibidang pertanian dan perikanan harus dilakukan secara komprehensif dan tepat sasaran

” Terutama pengalokasian anggran yang tentu tidak boleh tanggung, dan syarat perencanaannya haruslah matang,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan dibentukanya Butur sebagai Kabupaten Organik merupakan langkah yang tepat. Tinggal seluruh stackeholders yang segera mungkin mengaplikasikannya.Sehingga bisa menjadi simbol daerah dan identitas Kabupaten Utara.

” Semoga, para wakil rakyat baik yang masih duduk sekarang, maupun yang akan ikut di pilcaleg, mampu memahami esensi visi dan misi Pemda Butur soal organik tersebut,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest