Bawaslu Busel, Inginkan Peran Aktif masyarakat Awasi Pemilu

image_pdfimage_print

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP- Keterlibatan masyarakat untuk ikut bersama-sama mengawasi jalannya tahapan Pemilu di wilayahnya sesuai aturan, merupakan salah satu Indikator dasar keberhasilan Pemilu yang demokratis di Kabupaten Buton Selatan (Busel). Sehingga Bawaslu Kabupaten Busel inginkan agar seluruh masyarakat ikut berperan dalam pengawasan Pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Buton Selatan Mahyudin saat ditemui beberapa waktu lalu, mengatakan tugas Bawaslu adalah mengawasi setiap tahapan Pemilu agar berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang belaku, Namun ketika adanya tindak kecurangan, atau hal lainnya selain dari temuan pihaknya, juga berasal dari temuan atau informasi masyarakat.

“Jadi tidak luput dari peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu,” ucap Mahyudin saat ditemui belum lama ini,” kata Mahyudin.

Dikatakan, partisipasi masyarakat bertujuan untuk mendorong Pemilu yang lebih baik. Pasalnya untuk langkah pencegahan dan pengawalan Pemilu yang demokratis, membutuhkan kerja sosial dari masyarakat, pasalnya proses kritis yang obyektif dan penghimpunan data lapangan, terkadang tidak terjangkau oleh pengawas lapangan.

Untuk itu, Mahyudin mengimbau masyarakat menemukan adanya pelanggaran pemilu agar segera melaporkan kepihaknya yang berada di tiap kelurahan dan desa. Dan jika laporan masyarakat itu belum memenuhi syarat formil dan materil, maka laporan itu akan menjadi informasi awal pihaknya untuk melakukankan penelusuran lebih lanjut.

Dan jika masyarakat menemukan kecurangan oleh pihak penyelenggara, maka masyarakat jangan takut untuk memberikan informasi itu ke Bawaslu. Jika laporan tersebut cukup memenuhi syarat materil dan formil, maka Bawaslu akan menindak lanjutinya hingga ke DKPP.

Mahyudi berharap pemilu yang tinggal beberapa bulan ini berjalan dengan aman dan tertib, selain itu, masyarakat sedapat mungkin menyalurkan hak pilihnya (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This