Pasar Bandar Batauga akan Dibangun Ruang Es Balok

Peliput : Amirul
BATAUGA, BP– Aktifitas dagang di lokasi pasar, tidak akan terlepas dari ketersediaan es balok di lokasi pasar tersebut, pasalnya keberadaan es balok sangat berguna untuk menjaga kualitas bahan yang diperdagangkan tetap terjamin, khususnya barang dagangan yang mudah layu. Untuk itu Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Buton Selatan berencana akan membangun sebuah ruang khusus sebagai tempat penyimpanan es balok di Pasar Bandar Batauga.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Mz Amril Tamim saat ditemui beberapa waktu lalu, mengatakan pembangunan ruang penyimpanan es balok sebagai sarana pendukung Pasar Bandar Batauga akan dibangun tahun ini.

“Insya Allah kita siapkan bangun tahun ini di Pasar Bandar Batauga,”ucap Amril Tamim.

Dikatakan, sarana dan prasana kebutuhan pasar harus dipenuhi, salah satunya ruang penyimpanan balok-balok es untuk kebutuhan pelaku pasar seperti, para pedagang ikan. Mendekatkan sarana prasana tersebut di area pasar berguna untuk mempermudah para pelaku pasar dalam menjaga kualitas jualannya khususnya para pedagang ikan.

” Karena jelas pedagang ikan dan es balok tidak bisa dipisahkan, maka harus tersedia di pasar setiap harinya

,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini pemerintah daerah telah memiliki Pabrik es balok yang beroperasi di Desa Todombulu, yang dibangun dari anggaran APBN bantuan Kementerian Perdagangan. Kapasitas produksinya perharinya sekitar 10 ton, atau kurang lebih 400 balok es untuk memenuhi kebutuhan nelayan

“Kalau dihitung perhari kebutuhan nelayan akan es balok hanya 300 balok perhari, jadi sisanya ini akan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan pelaku pasar,” ucapnya
Lanjut, sebagian es balok itu akan didrop ke pasar-pasar guna memenuhi kebutuhan pelaku pasar khussnya penjual ikan. Dan kata Amril , pihaknya akan mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana mobilisasi es balok di tahun 2019 ini.
“Mendekatkan es balon ini kepada pelaku pasar wajib dilakukan, seberapa banyak yang akan disalurkan ke pasar-pasar akan dihitung sesuai kebutuhan karena hitunganya es balok harus habis dalam sehari,” tuturnya

Ditambahkannya, namun sebelum itu terlaksana, sarana prasana pendukung seperti ruang penyimpanan es balok di pasar Bandar Batauga, harus terbangun dan ini menjadi tugas pemerintah daerah. (*)

Pin It on Pinterest