Terbukti Lakukan TPP, Status Pencalegannya Dapat Dibatalkan

image_pdfimage_print

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Calon Legislatif (Caleg) dapat dikenai diskualifikasi pencalegannya jika, Caleg tersebut terbukti melakukan Tindak Pidana Pemilu (TPP).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH saat dihubungi via Handphone, Kamis ( 01/02).

” Terbukti melakukan TPP, status pencalegannya dapat dibatalkan setelah ada putusan pengadilan yang inkrach,” ujarnya.

Dikatakan, pembatalan status pencalegan dikarenakan terbukti melakukan TPP, telah diatur pada Pasal 285 UU 7 tahun 2017 yang menerangkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap terhadap penyelenggaraan, sebagai mana dimaksud dalam pasal 280 dan pasal 284 yang dikenai kepada pelaksana Kampanye Pemilu anggota DPR, DPD DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, digunakan sebagai dasar KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten Kota untuk mengambil tindakan berupa, pembatalan nama calon anggota DPR DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dari daftar tetap. Atau pembatalan penetapan calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/Kota sebagai calon terpilih.

Untuk diketahui, sejak tahapan kampanye hingga saat ini total delapan dugaan pelangaran Pemilu yang ditemukan oleh Bawaslu Kota Baubau, Delapan temuan tersebut yakni, tiga dugaan TPP, dan empat dugaan pelanggaran administrasi serta satu dugaan pelanggaran hukum lainnya (netralitas ASN-red).

” Tiga kasus TPP, satu dugaan diberhentikan karena tidak cukup bukti, yang ke dua, penyidik dan jaksa berpendapat tidak memenuhi unsur, namun Bawaslu berpendapat berbeda, menurut Bawaslu unsur telah terpenuhi, dan TPP yang ketiga sementara penyidikan dengan terlapor HU,” terangnya.

Untuk diketahui, dari tiga dugaan TPP yang ditangani oleh Bawaslu Baubau, temuan TPP dengan terlapor Hartati Ude telah memasuki tahap Penyidikan oleh sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). (***)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This