CATATAN-Sederet-Sehelai 100 HARI BAUBAU MELEJIT

image_pdfimage_print

 

Oleh: ARDI. S.Si, Apt
KOMISARIS HARIAN BAUBAU POST

TAK bisa dipungkiri prestasi Pemerintah Kota Baubau dibawah kepemimpinan pasangan Dr HAS Tamrin MH-La Ode Ahmad Monianse SPd dalam 100 hari kerjanya telah membuktikan bahwa pasangan ini memang benar-benar serius ingin melayani masyarakat dan memajukan Kota Baubau. Membingkai kinerja dalam 100 hari pertama dalam memimpin Kota Baubau memang bukan finalisasi untuk menilai kinerka pemerintah Kota Baubau sudah maksimal tapi paling tidak keseriusan pasangan yang dikenal dengan akronim TAMPIL MANIS itu sudah memperlihatkan keseriusan akan merealisaskikan janji-janji politiknya yaitu dengan mendekatkan pelayanan publik dan terus mempopulerkan Kota Baubau di tingkat regional, tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.

Akronim TAMPIL MANIS (Tertib, Aman, Maju, Populer, Indah, Lancar dan Makin Mensejahterakan Rakyat) terus dilanjutkan dan makin nyata terlihat kerjanya. Sejak dilantik tanggal 27 September 2018, Pasangan ini memang terlihat serasi menjalankan roda pemerintahan di Kota Baubau, Kota Pemilik Seribu Benteng. Bukti kionerja yang nyata itu misalnya belum lama menjalankan roda pemerintahan Kota Baubau kembali menorehkan prestasi dibidang lingkungan hidup yaitu dengan mendapatkan piala adipura yang ke empat kalinya secara berturut-turut dari Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Prestasi lainnya yang membanggakan yaitu Pemerintah Kota Baubau juga meraih kembali penghargaan Kota Peduli HAM yang keempat kalinya dari Kemenkum HAM RI, sama dengan piala adipura yang memang diharapkan semua daerah di Indonesia. Penghargaan yang paling terbaru yaitu Walikota Baubau Dr HAS Tamrin diberi penghargaan sebagai Pembina Karang Taruna terbaik dari Kementrian Sosial RI. Prestasi tingkat nasional ini tentu barang langkah dan tidak mudah mendapatkan penghargaan itu bila tidak ada prakondisi yang diciptakan dalam Akronim TAMPIL MANIS. Tentu semuanya dilakukan dalam rangka mempopulerkan nama Kota Baubau dikancah nasional.

Itu untuk prakondisi mempopulerkan Kota Baubau. Berkaitan dengan mendekatkan dan melancarkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintahan TAMPIL MANIS melanjutkan membangun sarana dan prasarana publik seperti membangun gedung-gedung pemerintah yang bentuknya cukup megah. Sebagai contoh dalam pekan ini dua kantor pemerintah yaitu Kantor Pemerintah Kecamatan Murhum dan Kantor Puskesmas Lowu-lowu diresmikan pembangunannya. Selama 15 tahun, Kantor Kecamatan Murhum terlihat tidak semegah yang baru saja diresmikan. Demikian pula, bagi masyarakat Lowu-lowu, kelurahan paling ujung di Kota Baubau itu akhirnya bisa merasakan pelayanan kesehatan yang sebelumnya dirasa sangat jauh bila memeriksakan kesehatan ke Puskesmas yang ada Kecamatan Bungi.

Infrastruktur Pasar Wameo juga terus ditata rapi termasuk menertibkan lalulintas di Kawasan Pasar wameo. Konsep TERTIB adminsitrasi, TERTIB berlalulintas, dan TERTIB-TERTIB lainnya terus diterobos agar daerah ini terus mengukir prestasi dan bisa mensejahterakan rakyatnya. Gambaran kinerja 100 hari merupakan takaran kita semua untuk bisa menilai keseriusan pemerintahan ini sampai masa jabatan Pasangan Dr HAS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse berakhir optimis akan bisa merealisasikan janji politiknya mensejahterakan rakyat.

Meski pun demikian, keseriusan pemerintah daerah harus mendapat dukungan dari masyarakat dan stakeholder lainnya agar cita-cita menuju Baubau yang maju, sejahtera, dan berbudaya bisa terwujud. Karena kebersamaan itulah bisa melahirkan prestasi-prestasi dan pelayanan publik yang nyaman. Kedepan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, akan terasa ringan bila kebersamaan itu tetap terpupuk, terbina, dan terjalin dengan baik. Semoga di bawah kepemimpina Dr HAS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, Baubau makin maju, makin sejahtera, dan makin berbudaya, Amin. (***)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This