Penuhi Tuntutan Pelayanan Kesehatan Daerah Pelosok, Dinkes Buka Puskesmas Baru

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP- Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Mukhtar SPd MPd sukses membuka peresmian Puskesmas Lowu-lowu pada Sabtu (02/02). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau.

Amatan Baubau Post, Peresmian Puskesmas Lowu-lowu turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Roni Mukthar, Asisten Satu La Ode Aswad, Kepala SKPD, Forkopinda, dan Kepala Puskesmas Kota Baubau.

Kepala Dinkes Kota Baubau Edy Natsir saat membawakan sambutannya, ia mengungkapkan bahwa tuntutan masyarakat akan peningkatan akses layanan kesehatan sangatlah tinggi. Untuk itu, pemerintah melalui Dinkes Kota Baubau telah mengakomodir fasilitas pelayanan kesehatan dengan membuka Puskesmas baru yang diberada di Kecamatan Kalea-lea, Kelurahan Lowu-lowu. Hal itu didukung oleh Permenkes nomor 75 tahun 2014, terkait pelayanan kesehatan yang telah memenuhi syarat sesuai dengan tata gerahan dan tata pelaksananaannya.

” Tuntutan masyarakat akan peningkatan akses layanan kesehatan sangat tinggi. Maka dari itu melalui kegiatan ini, tentunya pemerintah sudah menjawab. Peresmian Puskesmas Lowu-lowu, merujuk pada Permenkes nomor 75 tahun 2014 terkait pelayan kesehatan,” jelasnya.

Dikatakannya, pemerintah selalu berusaha untuk mendekatkan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tidak hanya untuk orang sakit, melainkan juga untuk orang sehat. Untuk itu, Puskesmas Lowu-lowu telah dilengkapi oleh tenaga tenaga medis dan sumber daya kesehatan yang memadai. Diantaranya, dua orang dokter umum dan dokter gigi.

” Puskesmas ini juga hadir sebagai tempat, dimana masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pelayanannya bukan hanya untuk orang sakit, tapi orang sehat juga bisa datang disini untuk mendapatkan konsultasi kesehatan guna mempertahankan kesehatan kita. Sebab, puskesmas ini sudah ada dua orang dokter umum, dokter gigi dan berbagai profesi lain. Sehingga bisa memberikan pelayana kesehatan sesuai harapan kita,” ungkapnya.

Ditambahkan, sejak tahun 2005 lalu, Puskesmas Lowu-lowu merupakan puskesmas pembantu yang sudah terstandarisasi sejak masih menjadi puskesmas pengembangan dari Puskesmas Bungi.

” Puskesmas ini merupakan pengembangan dari puskesmas pembantu yang sudah terstandarisasi untuk wilayah Kecamatan Bungi,” tutupnya (#)