Rekonstruksi Pembunuhan Istri Siri di Sulaa, Pelaku Sudah Rencanakan

Peliput : Ady Cacung

BAUBAU, BP- Polres Baubau menggelar rekonstruksi pembunuhan yang dilakukan oleh Rosaini Ladae (46) kepada istri sirinya Waode Rahmawati (31) di Kelurahan Sulaa beberapa waktu lalu. Terdapat 22 adegan rekonstruksi yang dilakukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Rabu (27/02).

Kasat Reskrim Polres Baubau AKP Ronald Arron Maramis SIK ditemui, Kamis (28/02) mengatakan dalam reka adegan yang dilaksanakan, pelaku melakukan pembunuhan berencana. Tergambar semua luka tusuk yang terlihat dalam visum dalam peristiwa yang diperagakan.

“Dalam rekonstruksi kita melihat adegan awal korban dipanggil ketemu, sampai terjadi adu mulut, sempat ada jeda waktu korban sebelum direncanakan untuk dibunuh,” ungkapnya.

Lanjutnya, pelaku emosi kepada istri sirinya, kemudian mengambil sebilah pisau dan ada itikad membawa korban ke TKP untuk dihabisi nyawanya. Lokasi pembunuhan masuk ke dalam hutan sekitar 1 kilometer dari jalan raya. Korban diajaknya naik motor dengan alasan memberikan uang yang telah dijanjikannya.

“Memang dia sudah menyiapkan tempat untuk mengeksekusi korban, dia sudah tentukan tempatnya, karena dia pernah ke situ. Dia paham benar lokasi itu, tidak ada rumah hanya hutan saja dan pantas untuk dilakukan pembunuhan,” jelasnya.

Dia mengatakan, rekonstruksi dihadiri oleh perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau, Kepolisian Polres Baubau, pemilik tanah yang juga saksi yang melihat korban pertama kali dan keluarga korban. Rekonstruksi dimulai pukul 13.30 wita sampai 16.30 wita.

“Respon keluarga korban sangat emosional di TKP karena yang mereka tahu korban itu dipanggil datang ke Baubau oleh tersangka. Sempat terjadi ketegangan antara pelaku dan keluarga korban karena mereka mengomel mengatai tersangka mengapa harus melakukan hal yang sekejam itu kepada keluarganya,” paparnya.

Untuk diketahui, rekonstruksi dilakukan agar pihak kepolisian dan kejaksaan menerangkan bahwa pasal 340 KUHP yang disangkakan kepada tersangka memang betul dilakukan sesuai yang dilakukan dalam 22 adegan. (#)

Pin It on Pinterest