29 SMPN di Busel Siap Gelar UNBK Tahun Ini

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 mendatang di Buton Selatan akan diikuti seluruh Sekolah Menengah
Pertama Negeri (SMPN) atau sebanyak 29 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Buton Selatan (Busel) La Makiki beberapa waktu lalu mengatakan 29 SMPN siap dalam mengikuti UNBK, pasalnya setiap sekolah telah ditunjang dengan fasilitas komputer, apalagi dihampir seluruh wilayah Busel akses internet telah terjangkau.

Keikutsertaan seluruh sekolah tingkat SMP dan peningkatan fasilitas penunjang UNBK, merupakan upaya pemerintah daerah dalam menggenjot pembangunan dibidang pendidikan secara bertahap. Pasalnya, ditahun sebelumnya hanya empat sekolah yang mengikuti UNBK. Sementara 25 sekolah lainnya masih mengikutiĀ  Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

“Ini komitemen kita dan pemerintah daerah dalam memajukan dunia pendidikan, bertahap menyediakan semua fasilitas pendidikan agar setara dengan daerah lain,” ucap La Makiki.

Selain tingkat SMP yang melaksanakan UNBK, pihaknya juga mengupayakan agar UNBK dapat diikuti pada
tingkat Sekolah Dasar (SD). Sejauh ini baru beberapa SD yang siap mengkuti UNBK.

“SD di wilayah Siompu, Kadatua dan khususnya ibukota Kabupaten di Batauga yang akan siapĀ  mengikuti UNKB,” ungkap La Makiki.

Ditambahkannya, untuk fasilitas penunjang di wilayah Siompu dan Kadatua juga telah tersedia tower untuk mengakses jaringan internet. (*)

Pin It on Pinterest