Cegah DBD, Dinkes Busel Imbau Warga Terapkan 3M

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengimbau masyarakat untuk menerapkan gerakan (3M) Mengubur, Menguras dan Menutup tempat-tempat yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Apalagi saat ini kita tengah menghadapi musim penghujan di wilayah Sulawesi Tenggara

Plt Kepala Dinas Kesehatan La Ode Budiman, saat di temui beberapa waktu lalu mengatakan 3M merupakan prosedur gerakan bersama untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masyarakat, agar terhindar dari perkembangbiakan nyamuk penyebar penyakit DBD.

Menurutnya, tindakan preventif membersihkan lingkungan melalui gerakan 3M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat

mampu memutuskan rantai perkembang biakan nyamuk penyebab DBD.

Kata dia, diakhir Januari 2018 diwilayah Buton Selatan (Busel) tercatat telah terjadi beberapa kasus DBD, salah satunya terjadi di Kecamatan Kadatua dimana seorang bayi positif terkena DBD.

“Saya menyuruh tim dari Puskesmas Kadatua untuk melihat, jangan sampai itu adalah migran artinya kasus itu dari luar masuk ke wilayah itu. tetapi yang terkena DBD itu adalah anak usia bayi. Positif DBD setelah dicek di laboratorium,”kata La Ode Budiman.

Ditahun 2018, Kadatua belum masuk wilayah endemis DBD, karena tidak ditemukan kasus DBD, namun dengan ditemukan kasus itu, maka wilayah Kadatua masuk dalam endemis BDB.

“Wilayah endemis ini yakni , Batauga, Sampolawa, bahkan yang dikagetkan itu adalah wilayah Kadatua ditahun 2018 tidak ditemukan kasus DBD,” katanya.

Untuk memberantas penyebaran DBD, kata La Ode Budiman, pihaknya telah melakukan pengasapan atau fogging didaerah tersebut. Masyarakat juga diimbau akan memahami pola hidup bersih dengan pola 3M tersebut.

“Pencegahan perlu ditingkatkan, apalagi saat ini musim penghujan guna memberantas penyebaran nyamuk penyebar DBD,”imbaunya (*)

Pin It on Pinterest