Bupati Buteng Tegaskan Kades Harus Kelola Dana Desa Secara Profesional

Pemda Buteng Gandeng Polres Baubau, Sosialisasi Pembekalan Dana Desa

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Dengan menggandeng pihak Polres Baubau, Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Pemda Buteng) menggelar sosialisasi pembekalan tentang tata kelola penggunaan Dana Desa secara transparan dan profesional, yang bertempat di aula serba guna SMPN 3 Buton Tengah, Senin (04/03/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Buteng H Samahuddin SE, Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno SIK, Sekda Buteng Drs H La Ode Hasimin MM, PS Kasubdit Kermas Ditbimas Polda Sultra Kompol Haris, Kepala BPMD Armin SPd, para Camat, para Kapolsek, anggota Bhabinkamtibmas, serta diikuti oleh para Kepala Desa se-Kabupaten Buton Tengah.

Kapolres Baubau, AKBP Hadi Winarno SIK saat memberikan sambutan berharap, penggunaan Dana Desa dengan baik, efisien, dan tepat sasaran, agar Dana Desa tidak menjadi bumerang dan jerat hukum bagi para Kepala Desa.

“Saya berharap semua kepala desa di buteng untuk bisa berkomunikasi dengan teman-teman Bhabinkamtibmas, saya wanti-wanti memang karena kita ketahui bersama lima tahun terakhir ini terkait pengelolaan Dana desa ini cukup menyita perhatian kita,” ucapnya.

Mantan Kapolres Wakatobi ini juga menambahkan, dengan keterlibatan anggota Bhabinkamtibmas, diharapkan pengelolaan Dana Desa selalu profesional, terpantau dengan baik, lebih transparan, akuntabel serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

“Saya harap, Kades jangan ada lagi rasa memiliki terhadap anggaran yang dikelola, mereka harus mampu memanfaatkan anggaran untuk membantu warganya, sudah banyak contoh Kades yang terjungkal hanya karena persoalan anggaran ini, keterlibatan Polisi tentu sebagai upaya represif dan upaya preventif,” harapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Buteng H Samahudin SE dalam sambutannya menegaskan, seluruh Kepala Desa yang ada di Buton Tengah harus mengelola Dana Desa secara profesional dengan perencaan yang jelas, transparan dan tepat sasaran.

“Dana Desa harus dikelola dengan baik serta perencanaannya jelas, saya tidak mau dengar ada Kepala Desa yang berurusan dengan pihak Kepolisian,” tegasnya.

Bupati definitif pertama di Buteng ini juga mengungkap pembahasan pertama bersama Presiden Republik Indonesia di Kendari beberapa waktu lalu.

“Pertemuan kami beberapa waktu lalu di Hotel Clarion bersama Bapak Presiden Ir H Joko Widodo, yang dibahas pertama itu persoalan pengelolaan Dana Desa, anggaran ini harus dikelola dengan baik melalui perencanaan yang matang, saya tidak mau ada Kades di Buteng ini berkeringat di ruang ber AC hanya karena diperiksa oleh Polisi, lebih baik berkeringat di panas matahari karena itu sehat,” imbuhnya.

Usai memberikan sambutan, H Samahuddin juga membuka kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa di Kabupaten Buton Tengah. Selanjutnya, Bupati Buteng dan Kapolres Baubau langsung menandatangani MoU tentang pencegahan, pengamanan, serta  pengawasan Dana Desa. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pembekalan pengelolaan Dana Desa oleh PS Kasubdit Kermas Ditbimas Polda Sultra Kompol Haris. (*)

Pin It on Pinterest