Duo Curanmor di Lorong Hoga Divonis Satu Tahun

Peliput : Asmaddin

BAUBAU, BP- Duo pencuri motor di Lorong Hoga, Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari kini diputus oleh Pengadilan Negeri (PN) Baubau satu tahun penjara pada persidangan Selasa (05/03). Majelis hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhi hukuman satu tahun, sesuai tuntutan jaksa yang dibacakan pada persidangan Kamis (07/02).

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Awaluddin Muhammad SH mengatakan, saat persidangan sempat diskorsing waktu, karena Barang Bukti (BB) yang digunakan kedua terdakwa Arman (20) dan Reynaldi (20) akan disita oleh negara atau dikembalikan kepada pemiliknya yang saat itu tanda bukti kepemilikan motor sebagai barang bukti tidak ada.

“Tadi sempat ditunda waktu sidang karena majelis hakim belum bisa mempertanggungjawabkan secara yuridis BB tersebut karena tidak ada bukti surat-surat kepemilikan dari terdakwa, yang seandainya BB tersebut adalah barang curian dan digunakan sebagai mencuri dan pada putusan pengadilan BB tersebut dikembalikan kepada terdakwa dan BB itu adalah kepunyaan orang lain maka akan membuat permasalahan dikemudian hari,” katanya.

Sebagaimana dalam ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yaitu kewenangan ada pada Hakim walaupun sudah dibacakan putusan untuk tetap membuka ruang memastikan atau membuktikan dalam persidangan mengenai status BB yang digunakan untuk mencuri. Dan dari hasil klarifikasi pengecekan surat-surat kepemilikan BB tersebut ternyata betul milik terdakwa.

“Kalau memang itu tidak terbukti kepunyaanm terdakwa maka akan dirampas oleh negara. Namun setelah diklarifikasi dan dilakukan pengecekan saat persidangan dilanjutkan, bahwa memang tebukti kalau motor yang digunakan kedua terdakwa untuk mencuri adalah milik terdakwa dalam status cicilan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari manager Mandala Finance,” tambahnya.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3 dan ke 4 KUHP melakukan pencurian dan pemberatan yang dilakukan di malam hari dan secara bersama-sama.

Untuk diketahui kedua pencuri ini saat itu Reynaldi membawa motor beat membonceng Arman. Sesampai di rumah sasarannya Arman masuk ke dalam pagar untuk mengambil motor Jupiter MX yang terparkir dan membawanya kabur. (#)

Pin It on Pinterest