Musrembang Busel Jaring Aspirasi Masyarakat

Peliput : Amirul

BATAUGA, BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan, untuk menyerap dan menjaring aspirasi masyarakat. Sejak pekan lalu tim Pemkab Busel telah mengunjungi setiap kecamatan, yakni Batuatas, Lapandewa, Sampolawa, Siompu, Siompu Barat, Kadatua dan Batauga

Setelah tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) menyerap aspirasi dalam Musrembang tingkat kecamatan, dan direncanakan akhir Maret akan digelar Musrembang tingkat kabupaten Busel.

Diketahui Musrembang adalah musyawarah dalam rangka proses pembahasan, penilaian dan penentuan priroritas usulan rencana pembangunan yang melibatkan berbagai komponen masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah untuk merumuskan pembangunan.

Musrembang juga sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata. Sedangkan yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/ Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya, menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.

Isu strategis yang diangkat dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Busel, fokus pada poin kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, perekonomian masyarakat berbasis potensi lokal daerah serta nilai budaya lokal dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan dan pariwisata. Musrenbang RPJMD 2017-2022. Visi dan misi Busel Busel Sejahtera, Mandiri dan Beradat.

Dalam jenjangnya Pemda Busel fokus dengan tema ditahun 2018 Busel membangun, tahun 2019 Busel melayani, tahun 2020 Busel produktif, 2021 Busel berdaya saing dan 2022 Busel tangguh.

Menurut Kadis Kominfo Busel, Muh Al-Ikhsan saat mengikuti musrembang di Kecamatan Siompu dan Siompu Barat serta dihadiri perwakilan dari OPD Busel. Penjaringan aspirasi masyarakat ini untuk porsi mata anggaran 2020.

“Untuk Dinas Pendidikan, warga menyuarakan soal tambahan RKB. Adapula pembangunan talud dibeberapa titik dan kegiatan pemberdayaan masyarakat,” kata Al Icshan saat ditemui belum lama ini.

Ditambahkannya,pada sektor pertanian, warga meminta adanya pemberdayaan dan pengembangan jeruk Siompu, begitu pula pada sektor perikanan pada soal pemberdayaan masyarakat nelayan. Intinya, seluruh kecamatan mendapat giliran dijaring aspirasi pembangunannya dan semua aspirasi ditingkat kecamatan akan dibahas kembali di musrembang ditingkat kabupaten. (*)

Pin It on Pinterest